Pidato Kwik Kian Gie di Haul Ke-9 Gus Dur, Kaget Ditunjuk Menteri hingga Cerita tentang Gus Dur

Kompas.com - 17/12/2018, 13:45 WIB
Kwik Kian Gie saat menyampaikan testimoni pada peringatan Haul Gus Dur ke-9 di Pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (16/12/2018) malam. KOMPAS.com/MOH. SYAFIIKwik Kian Gie saat menyampaikan testimoni pada peringatan Haul Gus Dur ke-9 di Pesantren Tebuireng Jombang, Minggu (16/12/2018) malam.

KOMPAS.com — Peringatan haul ke-9 Presiden ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gis Dur) pada hari Minggu (16/12/2018) malam dihadiri sejumlah tokoh, salah satunya Kwik Kian Gie.

Adik kandung Gus Dur, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), mengatakan, Kwik Kian Gie didapuk menjadi pembicara pada malam puncak haul Gus Dur.

Sejumlah cerita pun terungkap saat Kwik Kian Gie ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Ekonomi di era Gus Dur. Selain Kwik, mantan Menteri Sekretaris Negera Bondan Gunawan juga diundang dalam cara tersebut.

Berikut fakta di balik acara haul Gus Dur di Jombang:

1. Kwik Kian Gie menjadi pembicara di puncak haul Gus Dur

Mantan Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri sekaligus ahli ekonomi Kwik Kian Gie saat memberikan keterangan seusai bertemu Prabowo, Sandiaga dan sejumlah petinggi Partai Gerindra di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018) malam.  KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Mantan Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri sekaligus ahli ekonomi Kwik Kian Gie saat memberikan keterangan seusai bertemu Prabowo, Sandiaga dan sejumlah petinggi Partai Gerindra di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018) malam.

Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), menjelaskan, pada puncak peringatan haul Gus Dur di Pesantren Tebuireng, mantan Menteri Koordinator Ekonomi era presiden Gus Dur, Kwik Kian Gie, dijadwalkan tampil sebagai pembicara.

Selain Kwik Kian Gie, ada mantan Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Persatuan Nasional, yakni Bondan Gunawan dan Imam Besar Masjid Istiqlal KG Nasarurddin Umar yang juga dijadwalkan hadir dan menjadi pembicara.

"Mereka akan bicara pengalaman bersama Gus Dur. Bagaimana pengalaman mereka, bagaimana mereka melihat sosok Gus Dur," kata Gus Sholah saat ditemui di Pesantren Tebuireng, Sabtu (15/12/2018).

Baca Juga: Kwik Kian Gie Akan Jadi Pembicara pada Haul Gus Dur di Tebuireng

2. Gus Sholah tegaskan acara haul tidak bermuatan Pilpres

Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid.KOMPAS.com/Moh Syafii Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid.

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari ini menambahkan, peringatan haul Gus Dur di Pesantren Tebuireng, selain dihadiri warga Nahdliyin, juga masyarakat lintas agama dan etnis.

Gus Sholah mengatakan, Haul Gus Dur di Tebuireng merupakan forum netral dan tidak menyediakan ruang bagi aksi dukung mendukung menjelang Pilpres 2019.

"Kita cuma menyampaikan pengalaman orang yang pernah bekerja sama dengan Gus Dur," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X