Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Jangan Sampai "Rest Area" Dipenuhi "Brand" Asing, sedangkan "Brand" Lokal Hanya Jadi Penonton

Kompas.com - 28/11/2018, 11:58 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SRAGEN, KOMPAS.com - Presiden Jokowi mengaku senang melihat rest area Jalan Tol Sragen-Ngawi dipenuhi dengan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

"Saya senang pagi ini, saya menengok ke kanan ada soto kwali, lontong opor, pecel lele, oseng kikil, bebek rica-rica. Nengok ke kiri juga ada soto madura, bakso malang, roti ganep dan yang lain-lain," kata Jokowi, saat meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, di Rest Area KM 538 Jalan Tol Sragen-Ngawi, Desa Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

Menurut dia, keberadaan produk lokal tersebut sesuai dengan yang ia inginkan setiap melakukan peresmian jalan tol. Dirinya ingin rest area tersebut dipenuhi produk lokal dari Indonesia.

Baca juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Segmen Sragen-Ngawi Sepanjang 51 Kilometer

"Jangan sampai (rest area) justru dipenuhi oleh brand-brand asing, brand-brand dari luar. Sedang brand-brand lokal hanya jadi penonton," terang mantan Wali Kota Surakarta ini.

Jokowi berharap tidak hanya rest area Jalan Tol Sragen-Ngawi yang dipenuhi brand lokal daerah sekitar, tetapi juga rest area jalan tol lainnya.

"Saya harapkan rest area yang lainnya juga mengikuti," imbuh Jokowi.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) David Wijayatno menambahkan, dibukanya Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segmen Sragen-Ngawi merupakan tahap ketiga dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi secara keseluruhan, serta akan memangkas waktu tempuh sekitar 50 persen.

Baca juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Integrasikan Kawasan Industri dan Wisata dengan Tol Jakarta-Surabaya

"Dari Solo ke Madiun yang biasanya ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam sekarang bisa kurang dari 1,5 jam," kata dia.

Pengoperasian tahap pertama segmen simpang susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 kilometer sejak 30 Mei 2018 bersamaan dengan dioperasikannya Jalan Tol Ngawi-Wilangan.

Sedangkan pengoperasian tahap kedua adalah segmen Kartasura-Sragen yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com