Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan 5 Lantai Ponpes Al Azhar Ambruk, Diduga Ada Masalah Konstruksi

Kompas.com - 28/11/2018, 05:59 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Bangunan lima lantai milik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar yang beralamat di Jalan PJKA, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, yang tengah dalam pengerjaan ambruk pada Selasa (27/11/2018) malam, sekitar pukul 20.00 WIB. 

Pantauan Kompas.com pada Selasa malam hingga pukul 23.15 WIB, belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa.

Warga setempat menuturkan, sebelum ambruk, bangunan tersebut memang sudah sempat diketahui terlihat miring. Namun hal itu, rupanya tidak menyurutkan niat dari pemangku kebijakan dan pengasuh ponpes untuk tetap melanjutkan pembangunan.

"Mulai lantai empat mau ke pembangunan lantai lima itu sebenarnya sudah kelihatan, jika bangunan sudah mulai miring. Tapi pembangunan masih terus dilakukan, hingga ambruk ini," ujar salah seorang warga, Asrori, saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca berita sebelumnya: Bangunan 5 Lantai Ponpes di Gresik Ambruk

Ia menuturkan, pembangunan Ponpes Al Azhar sendiri sudah dimulai sejak tiga tahun lalu, dengan menempati lahan yang sebelumnya merupakan ladang. Dengan bangunan yang ambruk, diperuntukkan untuk santri putri yang tengah belajar menghafal Al Quran.

"Jadi tidak langsung, tapi dibangun secara bertahap. Setahu saya, pembangunannya sudah mulai sejak tiga tahunan yang lalu, dengan untuk luasannya (bangunan) sendiri saya kurang mengerti. Tapi memang pembangunan itu tidak meluas, tapi meninggi," ucap dia.

Dengan kondisi eks lahan persawahan, dan konstruksi yang justru meninggi, Asrori memprediksi bila konstruksi bangunan yang ambruk tidak kuat dalam menahan beban.

"Mungkin kalau tiga lantai, saya kira masih kuat. Tapi kalau sudah empat, apalagi ini mau lima lantai, ya begini ini kejadiannya (ambruk). Coba lihat sendiri saja besi-besi konstruksinya, tidak besar-besar juga," kata dia.

Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut, lantaran sekitar 100-an santri yang biasa menghuni bangunan tersebut sudah dipindahkan pada Selasa sore sebelum kejadian, ke cabang ponpes yang berada di Kecamatan Menganti, Gresik.

"Sekilas kalau saya lihat sehari-hari saat lewat, memang agak aneh dengan bangunan itu yang terus dibangun meninggi. Sebab pasti yang bawah nggak kuat menahan beban, dan kejadian juga kan (ambruk)," tutur salah seorang warga yang lain, Hafiz.

Pihak kepolisian masih mendalami kemungkinan penyebab ambruknya bangunan dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi. Sementara pengasuh ponpes, masih belum berkenan memberikan keterangan mengenai kejadian tersebut hingga berita ini ditulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com