Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Ponpes Darul Quran Salafiah Klaten, Prabowo: Kita Harus Sowan, Harus Kulo Nuwun

Kompas.com - 30/10/2018, 20:56 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Quran Salafiah di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018).

Tiba di Ponpes Darul Quran Salafiah, Prabowo turut didampingi mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Prabowo disambut Ketua Yayasan Ponpes Darul Quran Salafiah, para ulama, tokoh masyarakat, warga sekitar pondok dan para santri. Lantunan salawat berkumandang menyambut kedatangan rombongan Prabowo.

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan, kedatangannya ke Ponpes Darul Quran Salafiah adalah untuk bersilaturahmi.

Menurutnya silaturahmi sudah menjadi bagian tradisi masyarakat di Indonesia.

"Kita harus sowan, harus kulo nuwun. Saya datang ke kabupaten-kabupaten, daerah-daerah di seluruh Jawa. Begitu datang, saya berniat, punya itikad untuk sowan, menengok dan minta restu, doa dari tokoh-tokoh yang dihormati oleh rakyat, yaitu para ulama," kata Prabowo.

Baca juga: Meski Tol Suramadu Digratiskan, PAN Yakin Prabowo Tetap Menang di Madura

Prabowo juga menegaskan, kedatangannya tersebut bukan untuk mencari dukungan pada Pilpres 2019.

Menurut Prabowo, pesantren bukan tempat untuk dijadikan sebagai politik praktis.

"Pesantren itu tempatnya harus di atas politik praktis. Kiai, ulama milik semua. Milik seluruh rakyat. Itu pendapat saya," katanya.

Prabowo mengaku, kedekatannya dengan para ulama merupakan hak dirinya sebagai warga negara Indonesia.

"Dari dulu saya ini prajurit. Tentara ya dekat sama ulama, dekat sama kiai. Karena tentara itu tanda tangan sudah siap menghadap maut, di berangkat tugas siap untuk mati demi negara, bangsa dan rakyat. Karena itu, kalau anak muda sudah harus mati ya cari kiai, minta doa," terangnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes Darul Quran Salafiah Sahri mengatakan, kedatangan Prabowo ke Ponpes Darul Quran Salafiah dalam rangka silaturahmi dan memohon doa restu dalam Pilpres 2019.

"Kami mendoakan kepada Pak Prabowo semoga beliau diberikan kebaikan, kekuatan, kesehatan dan dimudahkan segala urusannya. Jika terpilih menjadi presiden semoga menjadi pemimpin yang amanah," ucap Sahri.

Kompas TV Ma'ruf berharap agar warga terdampak gempa tetap bersabar menghadapi musibah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com