Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan 5 Lantai Ponpes di Gresik Ambruk

Kompas.com - 28/11/2018, 05:45 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Bangunan lima lantai milik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar yang terletak di Jalan PJKA, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, ambruk pada Selasa (27/11/2018) malam, dengan menimpa dua bangunan lain milik warga.

Menurut informasi yang didapat dari masyarakat, bangunan yang diperuntukkan bagi santriwati penghafal Al Quran tersebut ambruk sekitar pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, bangunan pondok yang tengah dilakukan pembangunan untuk lantai lima tersebut sebelumnya sudah diketahui miring.

"Setahu saya, bangunan itu sudah empat lantai dan hendak ditambahi lagi satu lantai, dan memang sudah terlihat miring sebelumnya. Tapi belum selesai sudah ambruk ini," ujar salah seorang warga, Asrori.

Beruntung, santriwati yang biasa menghuni ponpes tersebut yang berjumlah sekitar 100-an orang sudah dipindah ke cabang ponpes yang lain.

Mereka dipindah ke cabang ponpes yang ada di Kecamatan Menganti, sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Sehingga sampai Selasa malam, belum diketahui adanya korban jiwa.

Baca juga: Ponpes di Solo Komitmen Jaga Pemilu 2019 Berjalan Aman dan Damai

"Santri-santrinya sudah dipindah ke pondok yang satunya di Menganti sore tadi, jadi sepertinya tidak ada korban. Di Menganti itu memang ada yang pondok untuk santri laki-laki, milik Al Azhar juga," ucap dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Ia pun membenarkan, bila sampai dengan Selasa malam usai kejadian, pihaknya juga belum menerima adanya kabar mengenai korban jiwa.

"Belum ada (korban jiwa), nihil mas," kata Wahyu saat dikonfirmasi Kompas.com.

Sementara itu, pihak pengasuh ponpes masih belum berkenan memberikan keterangan hingga berita ini ditulis.

Adapun pihak kepolisian, juga masih mendalami kasus ini dengan melakukan pemeriksaan untuk mendapat keterangan dari para saksi, dengan di sekitar lokasi kejadian sudah dipasang garis polisi.

Baca kelanjutannya di: Bangunan 5 Lantai Ponpes Al Azhar Ambruk, Diduga Ada Masalah Konstruksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com