Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Gajah Liar Rusak Puluhan Hektare Kebun Warga di Aceh Utara

Kompas.com - 25/11/2018, 13:35 WIB
Masriadi ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Kawanan gajah liar dilaporkan merusak puluhan hektare kebun warga di Desa Krueng Mbang, dan Desa Pulo Rumbia, Kecamatan Geureudong Pase, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (25/11/2018).

Salah seorang warga, Muhammad, menyebutkan sekitar 15 ekor gajah liar masuk ke perkebunan warga dan merusak kebun. Di dua desa itu, terdapat kebun sawit, kebun cokelat serta pinang milik petani.

“Yang terlihat oleh petani itu sekitar 15 ekor gajah liar. Satu kawanan itu memasuki kawasan perkebunan dan itu membuat kebun rusak, “ katanya.

Dia berharap, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mencari solusi jangka panjang untuk menghalau kawanan gajah itu. Pasalnya, daerah pedalaman itu menjadi salah satu lokasi paling rawan gangguan gajah liar.

Baca juga: Kawanan Gajah Liar Turun di 5 Lokasi Pemukiman di Aceh Secara Bersamaan

“Semoga ada solusi jangka panjang, sehingga gajah liar itu kembali ke kawasan hutan dan tidak turun lagi ke perkebunan warga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Sapto Aji Prabowo menyebutkan telah menerima laporan terkait gajah liar itu. Saat ini, sambung Sapto, mereka sedang melakukan monitoring posisi gajah liar tersebut.

“Petugas kita dari resor Aceh Utara sedang melakukan pengecekan lokasi. Memastikan titik gajah itu berada,” katanya.

Dia menyebutkan kawasan itu salah satu lokasi kerap menerima gangguan gajah liar di Kabupaten Aceh Utara.

“Nanti akan diupaya pengusiran,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com