Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Ajukan Pinjaman "Online", Denny Malah Tertipu Rp 10,5 Juta

Kompas.com - 23/11/2018, 17:51 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MERAUKE, KOMPAS.com - Denny Renaldi Guswara (39) melapor ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Merauke, Papua, karena kehilangan uang Rp 10,5 juta yang disimpan rekening miliknya, Jumat (23/11/2018).

Hilangnya uang milik Denny itu bermula dari adanya pesan singkat yang diterimanya dari nomor 082352702089 yang menawarkan pinjaman berbasis online dengan bunga 0,6 % dari PT Bima Finace.

Pesan singkat tersebut juga memberi tahu bahwa untuk info lebih lanjut bisa menghubungi via WhatsApp ke nomor 085351982233.

Karena berminat, Denny pun menghubungi nomor WA tersebut. Lantas dia mendapat balasan agar membuka situs www.kreditcepatcair.com.

Selanjutnya korban membuka situs tersebut dan mengisi syarat-syarat kredit cepat. Setelah syarat-syarat diisi, kemudian pemilik nomor tersebut mengarahkan untuk mengurus internet banking di Bank BRI dan korban diminta untuk mengunduh aplikasi AIRDROID.

Baca juga: Pesan Wanita via BeeTalk, Mahasiswa Palembang Tertipu dan Lapor Polisi

Setelah itu, korban mendapat username dan password dari aplikasi tersebut. Korban pun melakukan login ke situs tersebut.

“Tak lama kemudian, korban mendapatkan SMS banking bahwa uang yg ada di nomor rekening 8102010026xxxx miliknya telah diambil secara otomatis tanpa adanya transaksi sebelumnya ke nomor rekening Bank BCA dengan nomor 7935391776,” kata korban dalam laporannya kepada aparat kepolisian.

Merasa telah menjadi korban penipuan, korban langsung melapor ke SPKT Polres Merauke guna proses lanjut. Akibat dugaan penipuan tersebut, korban menderita kerugian materi sebesar Rp 10,5 juta.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan itu.

“Kasusnya sejauh ini masih dalam penyelidikan, semoga kita bisa segera mengungkapnya,” kata Ahmad.

Baca juga: Janji Mau Dinikahi Oknum TNI, Wanita asal Semarang Malah Tertipu Rp 90 Juta

Ahmad menghimbau masyarakat agar tidak mudah tergoda iming-iming sesuatu yang belum diketahui kebenarannya. Terutama penawaran melalui media telepon, SMS ataupun WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com