Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Sumatera yang Dievakuasi dari Kolong Ruko Dibawa ke Sumatera Barat

Kompas.com - 17/11/2018, 08:37 WIB
Citra Indriani,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Harimau sumatera yang berhasil dievakuasi dari kolong ruko pasar Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dibawa ke Sumatera Barat (Sumbar).

"Harimau sumatera kita bawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Sumbar kerjasama dengan Yayasan Asyari. Karena itulah tempat terdekat dari lokasi saat ini, yang mungkin dilakukan observasi," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono pada Kompas.com, Sabtu (17/11/2018).

Dia mengatakan, saat ini tim dalam perjalanan dari Pulau Burung menuju Dharmasraya. Jarak tempuh memakan waktu sekitar 16 jam.

"Akses dari Pulau Burung menuju  Tembilahan saja, itu menempuh jalur laut yang menempuh perjalanan sekitar empat jam menggunakan kapal," sebut Suharyono.

Baca juga: Sulitnya Evakuasi Harimau Sumatera Terjebak di Kolong Ruko yang Sempit

Sepanjang perjalanan, harimau akan diberikan makan dan minum supaya tidak lemas dan dehidrasi.

"Untuk kondisinya saat ini sehat. Tim medis terus mengontrol kesehatan sepanjang perjalanan," kata Suharyono.

Harimau sumatera yang terjebak di kolong ruko pasar Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Inhil, Riau, berhasil dievakuasi, Sabtu (17/11/2018) dini hari tadi sekitar pukul 01.48 WIB.

Proses evakuasi dilakukan setelah pembiusan. Kemudian petugas BBKSDA Riau yang dibantu pihak kepolisian, TNI, BPBD, pemerintah kecamatan dan masyarakat, terpaksa menjebol pondasi ruko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com