Banjir Bandang Terjang Dompu, Ratusan Rumah Terendam Banjir - Kompas.com

Banjir Bandang Terjang Dompu, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Kompas.com - 10/11/2018, 00:53 WIB
Kompas TV Jembatan sepanjang 100 meter ambruk akibat diterjang banjir bandang membuat aktivitas warga dari Tasikmalaya dan Garut lumpuh total. Untuk sementara, kendaraan yang akan melintas menuju Tasikmalaya Garut dan Pangandaran dialihkan menuju jalur utama Tasikmalaya dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Meski demikian upaya perbaikan jembatan mulai tampak dengan dipersiapkannya sejumlah peralatan dan besi untuk jembatan darurat termasuk sejumlah pekerja.

MATARAM, KOMPAS.com - Banjir bandang melanda Desa Tolokalo dan Desa Songgajah, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/11/2018).

Banjir bandang terjadi akibat curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten Dompu pada Jumat sore.

Kalak BPBD Kabupaten Dompu, Drs.Imran M.Hasan dalam keterangan tertulis menyebutkan, diperkirakan ada ratusan rumah warga terendam banjir. Di Desa Tolokalo sekitar 300 rumah dan Desa Songgajah sekitar 100 rumah.

"Ketinggian rendam bervariasi antara 0,5 meter sampai dengan 1,5 meter," terang Imran.

Baca juga: 400 Rumah di Dua Desa di Dompu NTB Direndam Banjir

Selain rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum diantaranya SMP Songgajah, Kantor Desa Songgajah, Kantor Desa Tolokalo, sekolah dan mesjid di Desa Tolokalo.

Peristiwa banjir juga menimbulkan antrian panjang kendaraan baik dari arah Pekat maupun dari arah Kempo. Jumat malam, banjir sudah berangsur surut.

Saat ini, Tim TRC BPBD sedang melaksanakan kaji cepat untuk menyusun langkah langkah penanganan. BPBD juga menyalurkan bantuan makanan siap saji ke lokasi terdampak. Belum diketahui pasti berapa kerugian materiil akibat banjir yang melanda.



Close Ads X