Cerita Ni'matul Fauziah, Atlet Tuna Netra Peraih Perak Lawnball Asian Paragames 2018 (1)

Kompas.com - 17/10/2018, 17:55 WIB
Nimatul Fauziah (20) atlet disabilitas asal Temanggung, Jawa Tengah, peraih medali perak cabor lawnball di Asian Paragames 2018. KOMPAS.com/IKA FITRIANA Nimatul Fauziah (20) atlet disabilitas asal Temanggung, Jawa Tengah, peraih medali perak cabor lawnball di Asian Paragames 2018.

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Ni'matul Fauziah (20) adalah salah satu atlet disabilitas asal Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ia atlet cabang olahraga (cabor) lawnball pada Asian Paragames 2018.

Gadis tuna netra itu bangga bisa mengharumkan nama negara meski tak menduduki peringkat satu. Ia meraih medali perak kelas individu open B1 cabor lawnball.

Ditemui di rumahnya di Dusun Barang Kulon RT 07 RW 02, Desa Barang, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung, Ni'matul menceritakan bagaimana ia berjuang mempersembahkan prestasi untuk Indonesia.

"Lawan yang saya hadapi dari Hongkong, Malaysia, sampai babak final harus kalah sama teman sendiri (kontingen Indonesia). Tapi enggak menyangka juga sampai final. Alhamdulillah senang," tuturnya, Rabu (17/10/2018).

Baca juga: Tiga Hal Menarik dari Asian Para Games 2018

Ni'matul harus melalui seleksi ketat di Solo sebelum akhirnya bergabung dengan kontingen merah putih awal 2018.

Berkat latihan keras dan motivasi tinggi yang selalu dipegang teguh, ia pun lolos seleksi dan langsung mengikuti TC (training centre), Mei 2018.

"Latihannya cukup berat ya, apalagi buat kami yang tuna netra total. Kalau negara lain latihan" ucap Ni'matul.

Tuna Netra Sejak SMP

Gadis berparas ayu itu berkisah bahwa ia menderita kebutaan sejak sekolah menengah pertama (SMP) akibat menderita penyakit.

Ni'matul memutuskan untuk berhenti sekolah karena penglihatannya semakin memburuk hingga akhirnya tak mampu melihat sama sekali.

"Waktu itu saya masih kelas 1 SMP, saya keluar karena mata udah enggak bisa melihat. Tapi sama ibu saya disuruh harus tetap sekolah, enggak boleh menyerah karena harus melanjutkan hidup, jangan berhenti sampai disitu," kisah Ni'matul.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X