Longboat Berpenumpang 25 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat - Kompas.com

Longboat Berpenumpang 25 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat

Kompas.com - 13/10/2018, 21:42 WIB
Tim SAR dari Pos Agats saat akan melakukan pencarian longboat yang hilang kontak saat dari Agats ke Kampung Bayun.KOMPAS.com/Istimewa Tim SAR dari Pos Agats saat akan melakukan pencarian longboat yang hilang kontak saat dari Agats ke Kampung Bayun.

TIMIKA, KOMPAS.com - Longboat berpenumpang 25 orang dilaporkan hilang kontak saat bertolak dari Distrik Agats menuju Kampung Bayun, Distrik Safan, Kabupaten Asmat, Papua.

Longboat bermesin 15 PK itu dilaporkan hilang kontak oleh kepala Kampung Bayun Barnabas Baus kepada Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Asmat, Sabtu (13/10/2018) sekitar pukul 09.30 WIT.

Dalam laporannya, dia menyebutkan longboat itu bertolak dari Distrik Agats yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Asmat, menuju Kampung Bayun, pada Kamis (11/10/2018).

Longboat tersebut berangkat dari Agats pukul 07.00 WIT, dengan estimasi waktu tempuh perjalanan ke Kampung Bayun kurang lebih sekitar 4 jam.


Namun, hingga Sabtu pagi, longboat itu tak kunjung tiba.

"Kami dapat laporan soal longboat berpenumpang 25 orang hilang kontak dari Kepala Kampung Bayun Bapak Bernabas Baus," kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Muhammad, Sabtu (13/10/2018) malam.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury melalui Kasubsie Operasi SAR Timika Syahril kemudian menerjunkan personel SAR yang berada di Agats.

Selain personel SAR, potensi SAR lainnya juga dilibatkan, di antaranya personel Angkatan Laut dan masyarakat setempat.

Baca juga: Speedboat Berpenumpang 6 Orang Milik DPRD Asmat Hilang Kontak

Pencarian longboat itu menggunakan RIB 400 PK dengan menyusuri rute yang biasa dilalui longboat menuju Kampung Bayun.

"Dalam penyisiran di hari pertama ini tim telah melakukan penyisiran hingga ke Distrik Atsji," tutur dia.

Namun, lanjut dia, hingga pukul 18:00 WIT pencarian belum membuahkan hasil. Pencarian akan dilanjutkan Minggu (14/10/2018) pukul 06.00 WIT.

"Besok pagi tim akan kembali melanjutkan pencarian," pungkas dia.

Kompas TV Para atlet paralayang yang berada di Palu sedang mengikuti kejuaraan cross country dalam festival tahunan, Festival Pesona Palu.




Close Ads X