Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Puji Wanita Pengusaha, Ini Katanya

Kompas.com - 09/10/2018, 11:21 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

PADANG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo memuji ketekunan para wanita yang menekuni profesi sebagai pengusaha.

Menurut Jokowi, wanita pengusaha jauh lebih gigih dalam menjalankan dan mengelola usaha ketimbang pria yang berprofesi sama.

"Waktu saya jadi pengusaha di Solo, saya kenal banyak wanita pengusaha. Pada umumnya, mereka gigih dan lebih ulet, teliti. Benar ini, saya ngomong apa adanya," kata dia di Padang, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Jokowi: Dulu kalau Pengen Sate Harus ke Warung, Sekarang Pakai Go-Food Bisa

Dia menuturkan hal itu saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) yang juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Ketua Umum Iwapi Nita Yudi, Gubenur Sumbar Irwan Prayitno dan sekitar 2.000 peserta rakernas.

Menurut dia, karakter gigih, ulet dan teliti merupakan modal besar bagi seseorang untuk sukses menjalankan usaha.

"Oleh sebab itu, saya percaya Indonesia membutuhkan lebih banyak perempuan-perempuan pengusaha agar ekonomi kita lebih maju," ujarnya.

Presiden menuturkan, perekonomian Indonesia menjadi terbesar di Asia Tenggara karena ditopang oleh usaha mikro, kecil dan menengah.

"Di dalamnya ada perempuan-perempuan pengusaha apalagi saat ini Indonesia masuk negara G20 dan 16 besar yang memiliki produk domestik bruto lebih dari satu triliun dolar AS," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi: Jangan Sampai Kita Terpecah Belah Gara-gara Pilihan...

Jokowi mengatakan, kalau perempuan pengusaha di Indonesia makin maju, artinya ekonomi Indonesia akan semakin maju.

"Kami ingin dalam menghadapi persaingan ekonomi ke depan perlu pengusaha yang mampu membuka lapangan kerja dan memiliki pasar hingga ke luar negeri," ungkap dia.

Menurut Jokowi, saat ini neraca perdagangan Tanah Air defisit. Saat ini, Indonesia berjuang untuk menaikkan ekspor dan menumbuhkan investasi.

"Kuncinya dua itu saja. Kalau ekspor bisa dinaikan dan investasi tumbuh akan memperbaiki ekonomi. Tidak ada yang lain," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Iwapi Nita Yudi mengatakan, Rakernas mengusung tema yang selaras dengan dengan program nawacita Pemerintah tentang pentingnya peningkatan partisipasi perempuan dalam ekonomi untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam hal ini, peran Iwapi dapat dimaksimalkan pada sektor pariwisata yang sangat dekat dengan bidang usaha para anggota yaitu bidang kuliner, fesyen, suvenir, aksesoris dan kerajinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com