Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Minta Tolong, Poster Capres Cawapres Jangan Dipaku di Pohon..."

Kompas.com - 23/09/2018, 17:38 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

KEDIRI, KOMPAS.com - "Saya minta tolong kalau pasang poster pasangan calon jangan dipaku di pohon-pohon, karena itu bisa merusak pohon juga".

Demikian pesan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kepada tim sukses pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden jika ingin memasang alat peraga kampanye dalam Pemilu 2019.

Abdullah lalu mengatakan bahwa agenda pemilu merupakan pesta demokrasi untuk semua warga. Dia juga menyadari bahwa beragam dinamika mungkin terjadi.

Baca juga: Viral, Pemuda yang Bisa Tiru Suara dan Gaya Bicara Jokowi, Ini Sosoknya

Oleh karena itu, dia meminta semua tim sukses pasangan calon tetap memegang teguh komitmen untuk menciptakan pemilu yang damai.

"Untuk pemilu selanjutnya yaitu pemilu presiden, pemilihan DPR RI, pemilihan DPD, DPR provinsi, dan DPRD nanti karena memang serentak tahun 2019, kami akan kawal dengan baik dan bila ada euforia sedikit itu hal yang biasa," katanya saat hadir dalam acara deklarasi tahapan pemilu di Taman Sekartaji Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (23/9/2018).

Abdullah berharap bahwa Pemilu 2019 bisa berjalan dengan lancar, sukses, dan tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Kisah Nenek Habsah Melipat Harapan di Gubuk Reyot dalam Kesendirian...

Dia menegaskan, pemilu juga bertujuan membangun kedewasaan dalam demokrasi sehingga semua partai politik diharapkan bisa memegang teguh komitmen.

Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi menuturkan pula bahwa polisi sudah siap menerjunkan personelnya untuk pengamanan saat kampanye pasangan calon. Namun, untuk jadwal akan koordinasi lebih lanjut dengan KPU.

Anthon juga menegaskan di wilayah hukum Polresta Kediri situasi politik dinilai cukup kondusif dan terjaga. Namun, polisi tetap melakukan patroli baik secara langsung maupun lewat dalam jaringan (daring) sehingga bisa lebih cepat mendeteksi berbagai macam potensi yang bisa memicu gangguan.

"Di wilayah hukum ini masih kondusif dan lancar," kata Anthon.

Baca juga: Guru Kesenian Bawa Kabur Siswinya untuk Berkemah Berduaan

Acara deklarasi tahapan Pemilu 2019 di Taman Sekartaji Kota Kediri yang digelar oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kediri diawali dengan senam bersama.

Peserta lalu bersama membubuhkan tanda tangan deklarasi "kalah terhormat, menang bermartabat". Tanda tangan itu sebagai bagian komitmen bersama agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar.

Pemilu 2019 sudah memasuki tahapan kampanye, yakni mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Pesta demokrasi tersebut diikuti 14 partai politik untuk memilih calon Presiden dan calon Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPR provinsi, DPRD, serta DPD.

KPU RI juga telah menetapkan nomor urut untuk calon Presiden dan calon Wakil Presiden, dimana pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat nomor urut satu dan Prabowo-Sandiaga mendapat nomor urut dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com