Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Ombudsman, Sel Setnov Lebih Besar hingga Lebih Mewah, Ini Faktanya

Kompas.com - 20/09/2018, 05:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ombudsman menemukan ada yang 'aneh' dengan sel terpidana kasus korupsi, Setyo Novanto, di Lapas Pria Sukamiskin.

Dalam sidak pada hari Kamis (13/9/2018), Ombudsman melihat napi Nazaruddin sedang berada di sel milik Setyo Novanto.

Selain itu, sel milik Setyo Novanto ukurannya lebih besar dari sel narapidana lainnya. Bagaimana komentar Kalapas Sukamiskin Klas 1A Sukamiskin? B

Berikut fakta yang terungkap dalam kasus sel milik Setyo Novanto di LP Sukamiskin

1. Temuan Ombudsman, sel Setyo Novanto lebih besar

Warga binaan menyaksikan petugas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhuham) wilayah Sulsel menggeledah kamar tahanan mereka di blok I Tipikor saat Inpeksi Mendadak (sidak) di Lapas Klas I Gunungsari Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (22/7/2018) malam. Kemenkumham secara serentak melaksanakan sidak di sejumlah Lapas se-Indonesia menyusul kasus suap di Lapas Sukamiskin Jawa Barat.ANTARA FOTO/DARWIN FATIR Warga binaan menyaksikan petugas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhuham) wilayah Sulsel menggeledah kamar tahanan mereka di blok I Tipikor saat Inpeksi Mendadak (sidak) di Lapas Klas I Gunungsari Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (22/7/2018) malam. Kemenkumham secara serentak melaksanakan sidak di sejumlah Lapas se-Indonesia menyusul kasus suap di Lapas Sukamiskin Jawa Barat.
Pada hari Kamis (13/9/2018) kemarin, Ombudsman Republik Indonesia (RI) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kota Bandung.

Saat berada di Lapas Pria Sukamiskin, yang dihuni oleh mayoritas narapidana tindak pidana korupsi (tipikor), petugas menemukan fakta sel Setyo Novanto lebih 'wah' dibandingkan sel lainnya.

“Menurut pengamatan kami masih ada potensi maladministrasi terutama di Lapas Sukamiskin ada diskriminasi dalam kamar hunian,” kata anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu dalam konferensi pers di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

Ninik menjelaskan, kamar tahanan terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto lebih besar dan lebih mewah dari kamar tahanan napi lainnya.

“Ruangan yang dihuni Pak Setya Novanto memang lebih luas. Di toilet WC-nya duduk dong,” katanya.

Baca Juga: Setya Novanto Berencana Ajukan PK

2. Sel tidak digembok, para penghuni bisa saling anjangsana

Muhammad Nazaruddin bersaksi dalam sidang kasus korupsi pengadaan e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/11/2017).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Muhammad Nazaruddin bersaksi dalam sidang kasus korupsi pengadaan e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/11/2017).
Selain itu, menurut penilaian dari Ombudsman RI, pintu sel tidak digembok sehingga narapidana bebas berkeliaran menyambangi narapidana di sel lain.

Hal tersebut dibuktikan ketika Ninik dan tim Ombudsman melakukan sidak ke kamar milik Setya Novanto. Saat itu Ninik melihat Bendahara Partai Demokrat Nazaruddin, tengah berada di kamar sel Setya Novanto.

“Standar operasional prosedur di dalam lapas itu pukul 17.00 sudah ditutup, di depannya digembok. Hunian di Lapas Sukamiskin tidak digembok masing-masing kamarnya, yang digemboknya hanya di blok saja, jadi leluasa,” ujarnya.

Baca Juga: Sel Setya Novanto Lebih Besar dari Napi Lain, Ini Kata Kakanwil Jabar

3. Komentar Kalapas Sukamiskin terkait sel Setnov

Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kota Bandung pada Kamis (13/9/2018) kemarin.Dokumentasi Ombudsman RI. Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kota Bandung pada Kamis (13/9/2018) kemarin.
Tejo Harwanto, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas 1A Sukamiskin, membenarkan, sel yang dihuni Setya Novanto lebih luas dibandingkan sel lainnya.

"Ruangan Pak Setya Novanto (memang) lebih besar, yah kira-kira 300-500 cm," ujar Tejo di Lapas Sukamiskin, Minggu (16/9/2018). Tetapi, menurut Tejo, kamar seukuran itu tidak hanya kamar Setnov saja. Ada sekitar 40-an napi lain yang memiliki sel dengan ukuran serupa, antara lain Nazaruddin, Joko Susilo, dan Tubagus Chaeri Wardhana atau Wawan.

"Terus ada napi umum yang baru masuk juga di situ (kamar ukuran luas) dan udah lama juga mereka itu menempati ruangan hunian yang besar," kata dia.

Baca Juga: Menkumham Bantah Sel Setya Novanto Lebih Luas dari Sel Tahanan Lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com