Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan di Kawasan Gelora Sriwijaya Dikebut karena Jokowi Akan Tinjau Persiapan Asian Games

Kompas.com - 01/07/2018, 21:13 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo direncanakan akan meninjau langsung persiapan Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan, pada Sabtu (14/7/2018) mendatang.

Kedatangan Presiden Jokowi disebut untuk melihat langsung seluruh venue yang disiapkan untuk perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia yang akan berlangsung pada (18/7/2018) itu.

Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Bambang Supriyanto mengatakan, pembangunan 13 venue yang telah disiapkan hampir seluruhnya telah rampung. 

Saat ini, mereka fokus untuk perbaikan minor yakni membenahi komponen yang kurang sempurna, seperti perbaikan toilet, dan pembenahan ruang ganti.

Baca juga: Jokowi Tinjau Venue Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno

"Pembangunan lanskap sekarang sedang dikebut karena akan ada kunjungan Presiden. Untuk lanskap tersebut yakni pembangunan jalan menuju arena, taman, dan air mancur yang ada di sekitar kawasan Gelora Sriwijaya, Palembang,” kata Bambang, Minggu (1/7/2018).

Bambang melanjutkan, untuk venue yang sedang dikerjakan yakni arena dayung, panjat tebing, sepatu roda, skate board. 

"Semuanya hanya tinggal penyelesaian akhir. Percepatan harus dilakukan karena arena tersebut akan digunakan untuk tes event pada Juli mendatang,” ujar Bambang.

Tes event menembak, dijadwalkan berlangsung pada 5 Juli-13 Juli mendatang. Kejuaraan itu digelar setelah semua peralatan menembak sudah terpasang. 

“Tes event, untuk melihat bagaimana persiapan seluruh venue. Jika ditemukan masih ada kekurangan, langsung bisa cepat diselesaikan,” ujar Bambang.

Baca juga: Tingkatkan Demam Asian Games, Menko Puan Lepas Peserta Fun Run

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menambahkan, seluruh lanskap di komplek jakabaring harus diselesaikan secara cepat.

Sehingga, pada pelaksanaan Asian Games, komplek olahraga di Sumsel itu dapat terlihat lebih indah oleh para atlet dan tamu negara.

"Saya minta, jangan sampai ketika Presiden datang, masih ada tanah merah, atau ada yang belum selesai. Semuanya harus sudah siap,” ujar Alex.

Kompas TV Tak hanya di Jakarta, di Palembang, Sumatera Selatan pun pengerjaan arena pertandingan terus dikebut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com