Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Pilkada Jateng Keliling Kampung Ingatkan Warga Nyoblos di TPS

Kompas.com - 27/06/2018, 13:06 WIB
Ari Widodo,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS. com - " Bapak-bapak, Ibu-ibu, monggo nyoblos. Ampun supe ke TPS. (Bapak - bapak, Ibu - ibu mari nyoblos. Jangan lupa ke TPS), " demikian kata - kata himbauan dari salah satu panitia Pilkada Jateng 2018. 

Imbauan tersebut terus terdengar melalui pengeras suara baik di masjid maupun mushala, di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jateng.

Ya, hari ini, Rabu (27/8/2018), masyarakat Indonesia sedang merayakan pesta demokrasi yang digelar serentak, termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng.

Selain pengumunan melalui masjid dan mushola, panitia Pilkada Jateng, juga berkelliling kampung, mengingatkan warga agar tidak lupa datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: Ganjar Targetkan Kemenangan 70 Persen di Pilkada Jawa Tengah

Bahkan untuk menarik minat warga agar datang mencoblos, di salah satu TPS mendekorasinya dengan pernak pernik piala dunia.

Euforia piala dunia kental terasa, di TPS 5 Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Demak. Bendera peserta World Cup dan bola tergantung rapi, demikian pula foto pemain dunia yang berlaga di ajang internasional itu.

Menurut Kepala Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah Demak, Wiryadi Agung Raharjo, pendirian TPS unik bertema piala dunia ini, atas inisiatif warga, yang kebetulan bertepatan dengan perhelatan piala dunia 2018 di Rusia.

"KPPS nya anak - anak muda, jadi mereka lebih kreatif dan bisa mengeluarkan ide - ide liarnya. Momentum piala dunia ini dimanfaatkan untuk mendekorasi TPS dengan pernak pernik piala dunia, agar lebih menarik perhatian warga untuk datang ke TPS, "kata Agung.

Baca juga: Polisi Tangkap Dua Orang Penyebar Kampanye Hitam Terkait Pilkada Jateng

Pendirian TPS bertema piala dunia ini dilakukan, selain untuk menarik perhatian, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018.

Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) , sebanyak 422 pemilih terdaftar di TPS 5 yang terdiri dari 209 pemilih laki - laki dan 213 pemilih perempuan.

"Dari pengalaman Pilgub sebelumnya, partisipasi warga rendah sekali, karena itu pada Pilkada Jateng kali ini, dibikin unik dan menarik, agar warga datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya, " ujarnya.

Selain unik, bagi warga yang datang mencoblos di TPS 5 , juga mendapatkan minuman gratis dari panitia, dengan menunjukan jari yang basah oleh tinta, sebagai bukti telah menggunakan hak pilihnya.

Baca juga: 142.000 Warga Jawa Tengah Terancam Tak Bisa Memilih di Pilkada Jateng

"TPS nya bagus dan unik. Penuh ornamen bola. Pas sekali dimanfaatkan panitia untuk menyemarakan piala dunia. Dapat bonus es gempol lagi, "Amin junaedi (54), seusai mencoblos.

Desain yang unik dan kental dengan nuansa piala dunia, selain menarik minat warga juga dimanfaatkan warga untuk foto selfie, dengan memanfaatkan latar belakang TPS.

Kabar adanya TPS piala dunia itu, juga menarik perhartian Manajer FC Bhayangkara Muda, Maesa Soegriwo untuk datang meninjau lokasi.

Maesa yang juga Kapolres Demak itu, ikut memantau pelaksanaan pemungutan suara di TPS tersebut, setelah sebelumnya berkeliling memantau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS.

" Bagus ini. Kreatif. Apalagi momentumnya juga pas. Sejauh ini pelaksaan pemungutan suara di Demak berjalan kondusif, " kata Maesa. 

Kompas TV Gelaran pilkada serentak yang bertepatan dengan momen piala dunia menginspirasi warga Dukuhan Nayu Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com