BPOM Pasang Stiker Bebas Formalin untuk 270 Pedagang Pempek

Kompas.com - 26/06/2018, 05:15 WIB
Sekda Provinsi SUmsel Nasrun Umar memasang stiker bebas formalin usai meninjau bersama BPOM Palembang di sentral kampung pempek di jalan Mujahidin , Palembang, Sumatera Selatan, Senin (25/6/2018).
KOMPAS.com/ Aji YK PutraSekda Provinsi SUmsel Nasrun Umar memasang stiker bebas formalin usai meninjau bersama BPOM Palembang di sentral kampung pempek di jalan Mujahidin , Palembang, Sumatera Selatan, Senin (25/6/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Makanan khas Palembang yang menjadi camilan lezat serta oleh-oleh dipastikan bebas formalin selama pelaksanaan Asian Games yang akan berlangsung mulai 18 Agustus mendatang.

Hal itu dikarenakan pihak dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Palembang melakukan pengecekan terhadap 270 warung pempek serta 47 restoran.

Dari hasil pengecekan, seluruh warung pempek dan restoran yang menjual pempek dipastikan bebas dari formalin dan boraks.


“Setelah dipastikan bebas dari formalin dan boraks, seluruh warung dan restoran yang diperiksa langsung dipasangkan stiker yang menyatakan kalau aman untuk dikonsumsi,” kata Kepala BPOM Palembang Prawita Sari Dewi, saat meninjau sentral kampung pempek di jalan Mujahidin , Palembang, Sumatera Selatan, Senin (25/6/2018).

Tak Liburkan Karyawan pada Pilkada 27 Juni, Perusahaan Bakal Kena Sanksi 

Prawita menjelaskan, para pengusaha pempek di Palembang jika kedapatan menggunakan bahan berbahaya, seperti boraks dan formalin, mereka akan melakukan tindakan tegas bahkan hingga pencabutan izin usaha .

BPOM pun meminta kepada seluruh pedagang pempek untuk mengajukan dilakukan uji bahan makanan, sehingga bisa mendapatkan stiker bebas formalin.

“Para pengusaha juga bisa mengajuka, jika ingin dilakukan uji bahan makanan, Ini sebagai bentuk upaya agar para wisatawan selama Asian Games aman mengkonsumsi pempek selama Asian Games,” ujarnya.

Stiker bebas formalin dan boraks itupun telah dipasang dikawasan kuliner lorong basah night cafe serta sentral kampung pempek di jalan Mujahidin.

Polda Sumut Tetapkan 4 Tersangka Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Kompas TV Tim gabungan pengawas obat dan makanan merazia sejumlah pasar tradisional di kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X