Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ginan Koesmayadi, Pendiri Komunitas Rumah Cemara Meninggal di Bandung

Kompas.com - 22/06/2018, 10:52 WIB
Dendi Ramdhani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ginan Koesmayadi, pendiri Rumah Cemara wafat, Kamis (21/6/2018) sekitar pukul 21.00 WIB. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di TPU Cibarunai, Sarijadi, Jumat (22/6/2018) siang.

"Telah berpulang salah satu pendiri kami Ginan Koesmayadi, pukul 21.00 WIB," ujar pernyataan resmi Rumah Cemara, Kamis malam.

Ginan meninggal saat tengah mendapat perawatan di RS Advent Bandung. Hingga kini, belum diketahui penyebab meninggalnya pria berusia 37 tahun itu.

Dari pantauan Kompas.com, para pelayat terus berdatangan ke rumah duka di Jalan Dokter Slamet No 6, Cihampelas Bandung. Ratusan karangan bunga terpasang di pekarangan rumah.

Seperti diketahui, Ginan adalah aktivis mantan pecandu narkoba dan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Pada tahun 2003, dia mendirikan Rumah Cemara yang gencar menyuarakan peningkatan kualitas hidup para ODHA, kaum marjinal, dan mantan pecandu narkoba.

Dia juga sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Homless World Cup 2011. Sepak bola memang menjadi metode khas kampanye Rumah Cemara dengan menyuarakan tagline Indonesia tanpa Stigma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com