Uji Dinamis LRT Palembang Berhasil, Menhub Budi Karya Lega

Kompas.com - 27/05/2018, 19:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung proses uji dinamis LRT Palembang, Sumatera Selatan KOMPAS.com/ Aji YK PutraMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung proses uji dinamis LRT Palembang, Sumatera Selatan

  PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merasa lega setelah uji dinamis light rail transit ( LRT) di Palembang, Sumatera Selatan berjalan tanpa hambatan, Minggu (27/5/2018).

Uji dinamis LRT Palembang sebenarnya telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Namun, Menhub Budi Karya ingin merasakan sendiri proses uji dinamis di dalam kereta.

Budi melakukan uji coba dari stasiun LRT di zona 5 Jakabaring Sport City (JSC) menuju Stasiun OPI Mall. Perjalanan uji dinamis berlangsung sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang.

 

"Alhamdulilah kerja keras kita selama ini berhasil. Ini semuanya (LRT) murni karya anak bangsa. Saya bersyukur uji dinamis berjalan dengan baik," kata Budi.

Baca juga: LRT Palembang Diuji Coba, Begini Hasilnya...

Setelah uji dinamis selesai, selanjutnya akan dilakukan uji seluruh lintasan rel mulai dari kawasan Jakabaring hingga Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Budi mengatakan, dari hasil tes uji dinamis kereta LRT telah bisa menembus kecepatan 35 kilometer per jam. Batas maksimal keceptan LRT sendiri mencapai 80 km per jam.

 

"Tapi tidak mungkin kita pakai kecepatan maksimal, kemungkinan nanti hanya 40 km per jam saja dipergunakan," ujarnya.

LRT Palembang akan dikelola langsung oleh PT KAI. Tarif juga telah disubsidi pemerintah sehingga membuat harganya terjangkau.

"Karena kita ingin mengangkut penumpang dengan harga terjangkau dan dikelola secara profesional," kata Menhub.

Kompas TV PT Industri Kereta Api (PT INKA) mengebut pengerjaan rangkaian kereta "Light Rail Transit".

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X