Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Palembang Diuji Coba, Begini Hasilnya...

Kompas.com - 22/05/2018, 16:45 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Uji coba dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, yang dilakukan Senin (21/5/2018) malam berlangsung lancar hingga selesai.

Satu trainset kereta yang berisi tiga gerbong rangkaian dilakukan tes dinamis, dengan dijalankan dari Depo Jakabaring menuju Depo OPI Mall secara bolak-balik.

Namun, dengan alasan keamanan, proses uji coba LRT berlangsung secara tertutup bagi masyarakat dan media.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto mengatakan, proses uji coba tes dinamis diikuti oleh beberpa perwakilan pihak yang terlibat, di antaranya PT INKA, LEN, PT KAI dan SMEC.

“Semua perwakilan datang dan melihat tes dinamis semalam masih melakukan uji fungsi terhadap peralatan dan kelengkapan, baik pada sarana maupun sarana LRT, termasuk pengereman,” kata Suranto, Selasa (22/5/2018).

Baca juga: Malam Ini, Uji Coba LRT Palembang Dilakukan Tertutup

Uji coba LRT Palembang menggunakan listrik dengan tegangan 750 VDC dengan arus 700 ampere dari third rail untuk untuk menggerakkan kereta.

“Sebelum dilakukan tes harus diyakinkan dan dicek betul jalur dalam kondisi aman, tidak ada pekerja dan peralatan yang ada di jalur. Setelah itu, tahapan persiapan lain dilakukan dan kereta dijalankan pelan-pelan. Sejauh ini hasilnya baik dan terus dievaluasi," ujarnya.

Baca juga: Menhub: Operasional LRT Palembang Dipercepat Satu Bulan

Kompas TV PT Industri Kereta Api mempercepat pengadaan LRT dengan menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com