Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Danau Limboto, Ratusan Burung Ibis Rokoroko Terlihat Mencari Makan

Kompas.com - 26/03/2018, 18:31 WIB
Rosyid A Azhar ,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com –  Ratusan ekor ibis rokoroko (Plegadis falcinellus) terlihat berkerumun mencari makan di persawahan yang digenangi air di pinggir Danau Limboto, Gorontalo.

Jumlah ini merupakan penampakan terbesar jenis burung yang memiliki warna gelap di seluruh tubuhnya hingga paruh dan kaki ini.

“Jumlah sangat banyak, tidak biasanya mengelompok dalam jumlah yang besar,” kata Danny Albert Rogi, penggiat lingkungan dari Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (Biota), Senin (26/3/2018).

Pengamatan burung di Danau Limboto selama ini mencatat jumlah ibis rokoroko sekitar puluhan, tidak lebih dari 60 ekor dalam satu kerumunan. Burung ini merupakan jenis migran di danau, dan hanya waktu tertentu mengunjungi wilayah perairan.

Baca juga: Profauna: 38 Jenis Burung Teridentifikasi Hidup di Hutan Kediri

Burung ini biasa dijumpai di rawa, sawah, pinggiran danau, dan padang rumput yang tergenang air. Mereka sering ditemukan dalam kelompok kecil yang sibuk menyelupkan paruh panjangnya di air atau lumpur dan bergerak maju.

Sebagai burung air, ibis rokoroko menyukai ikan, katak, reptil, dan binatang tak bertulang belakang, yang merupakan makanan favoritnya.

Mereka mencari makan dengan mengandalkan kepekaan ujung paruh dalam mendeteksi mangsanya.

Yang menarik, burung ini juga suka berada dalam sekumpulan kuntul sehingga warna keduanya sangat kontras, yaitu hitam dan putih.

“Ini catatan penting pada Maret tahun ini karena jumlahnya meningkat dari hasil pengamatan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujar Danny Rogi.

Untuk diketahui, ibis rokoroko adalah burung yang dilindungi sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Baca juga: Kelestarian Burung Maleo Terancam, Habitatnya Diganggu Aktivitas Manusia

Kompas TV BKSDA bersama Yayasan Wildlife Rescue Center dan UGM Yogyakarta berencana melepasliarkan seekor burung elang brontok di kawasan hutan Bunder, Gunung Kidul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com