Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami Kehilangan, Pak Probosutedjo di Sini Bangun Jalan, Universitas"

Kompas.com - 26/03/2018, 13:53 WIB
Markus Yuwono,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Almarhum Probosutedjo, dikenal baik oleh masyarakat Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Hal itu terlihat banyaknya masyarakat yang membantu pemakaman adik tiri mantan Presiden Soeharto ini.

Kepala Dukuh Kemusuk Kidul, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Ngadiyono mengatakan, saat masih sehat, Probosutedjo sering pulang ke Kemusuk. Ia biasanya menginap di Museum Soeharto yang didirikannya.

Ngadiyono menjelaskan, Probosutedjo paling sering pulang ke daerahnya sebulan sebelum memasuki Ramadhan. Sesuai tradisi masyarakat Jawa, sebelum Ramadhan, ia datang untuk berziarah ke makam leluhurnya.

"Sering kesini, dulu Pak Probo hampir setiap minggunya datang. Tetapi setelah sakit jarang," ujarnya saat ditemui di Museum Soeharto, Senin (26/3/2018).

(Baca juga : Probosutedjo Akan Dimakamkan di Samping Makam Ayahnya)

Warga Kemusuk, sambung Ngadiyono, memiliki banyak kenangan tentang Probosutedjo. Almarhum dinilai sangat berjasa di sana. Sebab, berkat almarhumlah, Kemusuk memiliki sekolah dari TK hingga universitas, serta museum.

"Merasa kehilangan, Pak Probo di sini membangun jalan, membangun museum. Ketika ada universitas dan museum, membuka lapangan kerja. Anak kurang mampu dibantu sampai kuliah. Banyak sekali, tidak hanya Kemusuk tetapi juga warga lain," tuturnya.

Warga Kemusuk Kidul, Sarwanto mengungkapkan hal yang sama. Probosutejo sering pulang dan membantu masyarakat sekitar mulai dari bantuan sekolah hingga saat perayaan hari kurban.

"Sering kesini temannya yang dulu dipanggil untuk mengobrol, dulu sebelum di sini (Museum Soeharto dibangun) kalau pulang di Purbayan, Ngasem," katanya.

(Baca juga : Jusuf Kalla Anggap Probosutedjo sebagai Pengusaha yang Berjiiwa Sosial Tinggi )

Pantauan Kompas.com, di Museum Soeharto bendera setengah tiang dikibarkan. Tenda sudah mulai dibangun.

Rencananya ada dua opsi saat jenazah Probosutejo datang. Yakni disemayamkan di rumah pribadinya yang berada tak jauh dari makam atau di Museum Soeharto. Setelah itu baru dimakamkan di Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul. 

Kompas TV Paslon DKI Jalin Komunikasi dengan Tokoh Politik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com