Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Posko Bencana Mamuju Tampung Ratusan Korban Banjir Bandang

Kompas.com - 23/03/2018, 12:17 WIB
Junaedi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MAMUJU, KOMPAS.com – Tim Tagana Mamuju, Sulawesi Barat, membangun dua posko atau tenda darurat. Posko tersebut untuk menampung ratusan korban banjir bandang yang kehilangan rumahnya karena terseret arus.  

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Kabupaten Mamuju, Jally menjelaskan, korban banjir bandang yang memporakporandakan sebagian wilayah di Kota Mamuju sebanyak 33.322 orang. 

Karena itu, pemerintah menyiapkan lebih dari 30.000 bantuan logistik. Sistem penyaluran bantuan berupa makanan dan minumam disiapkan di dua posko. 

“Tim Tagana mendirikan dua posko untuk menampung para korban. Semua logistik diupayakan untuk mebantu meringankan para korban,” jelas Jally. 

(Baca juga : Bingung, Korban Banjir Bandang di Mamuju Sempat Tidur di Pinggir Jalan)

Pantauan Kompas.com, puluhan anggota tim Tagana sejak Subuh sibuk mempersiapkan sarapan untuk korban banjir di dapur umum. Setelah jadi, nasi kotak dan minuman tersebut dibagikan kepada setiap warga korban banjir bandang. 

Petugas sendiri mendahulukan anak-anak, lansia, dan ibu hamil, saat proses evakuasi banjir bandang kemarin. Saat ini, ratusan warga korban banjir dari dewasa hingga anak-anak mengungsi di tenda darurat. 

Berita sebelumnya, banjir bandang merendam 3 kecamatan di Mamuju. Banjir terparah berada di dua kecamatan, yakni Karema dan Simboro. Banjir ini mengakibatkan ribuan rumah warha terendam banjir dan puluhan rumah terseret banjir. 

Kompas TV Warga dan tim gabungan membuat tanggul darurat untuk mencegah gerusan air di sekitar tanggul yang jebol.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com