Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas: Artis Salah Satu Pangsa Pasar Terbaik Narkotika

Kompas.com - 22/02/2018, 18:27 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengatakan, kalangan artis menjadi target pasar yang menjanjikan dalam peredaran bisnis narkoba di Indonesia.

Buwas, sapaan akrabnya, menuturkan, salah satu penyebab kalangan artis menjadi korban penyalahgunaan narkoba karena dinilai memiliki daya jual dan gaya hidup yang tinggi.

“Sebab, teman artis menjadi salah satu pangsa pasar terbaik untuk narkotika dengan gaya hidup dan daya beli mumpuni,” ucap Buwas, di Gedung Pusat Laboratorium Narkotika, Lido, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018).

Karena itu, sambung Buwas, pihaknya mengajak rekan-rekan artis untuk memerangi narkoba bersama-sama. Dirinya menyebut, menggaet teman-teman artis merupakan upaya kunci untuk memberantas penyalahgunaan narkotika.

"Kerja sama ini menjadi bukti bahwa komitmen pemberantasan narkotika sudah sepatutnya dilakukan semua pihak. Tidak terkecuali kalangan artis yang kerap dijadikan sebagai contoh bagi masyarakat," sebutnya.

(Baca juga : Roro Fitria Beli 2,4 Gram Sabu untuk Stok )

Sementara itu, Ketua PARFI56, Marcella Zalianty menjelaskan, kerja sama dengan BNN merupakan komitmen pihaknya untuk mendukung pemerintah dalam upaya pemberantasan narkoba.

Selain itu, PARFI56 juga sepakat untuk membentuk relawan anti narkotika dan melakukan deteksi dini terhadap lingkungannya dengan menggelar tes urine bagi seluruh anggota artis.

“Itu sebabnya, saat kami deklarasi demi menjamin peristiwa itu tidak terjadi lagi, kami hadirkan BNN untuk melakukan tes urine semua pengurus dan anggota,” ucap Marcella.

Guna menjamin kepastian hukum, lanjut Marcella, pihaknya sudah mendirikan Lembaga Bantuan Hukum PARFI56. Tujuannya, melakukan pendampingan terhadap anggota terkait kasus hukum, tidak terkecuali narkoba. 

(Baca juga : Setelah Pensiun, Apa yang Akan Dilakukan Komjen Buwas? )

Di tengah pesimisme banyak pihak soal pemberantasan narkoba, Marcella tetap percaya pemerintah memiliki komitmen besar untuk membebaskan anak bangsa dari narkotika.

“Kita lihat dalam banyak kasus, para pengguna mulai diperlakukan sebagai korban bukan pelaku. Mereka butuh pertolongan lewat rehabilitasi,” tutup dia. 

Kompas TV Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Budi Waseso mengaku telah memiliki peta peredaran narkoba di kalangan artis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com