Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bulan Sepi Penumpang, KM Egon Berhenti Singgah di Pelabuhan Nunukan

Kompas.com - 25/01/2018, 17:51 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - KM Egon, kapal roro milik PT Pelni, terancam menghentikan operasinya menyinggahi pelabuhan di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Nunukan Muhammad Ilyas mengatakan, alasan kapal yang mulai berlayar ke Pelabuhan Tunontaka, Nunukan, sejak pertengahan Oktober 2017 itu berhenti karena jalur Surabaya-Nunukan sepi penumpang.

“Itu kalau kosong terus, sepi muatan, apa bakal bertahan?” ujar Muhammad Ilyas, Kamis (25/1/2018).

Sementara itu, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengaku memahami tindakan PT Pelni menghentikan operasional KM Egon dari Surabaya ke Pelabuhan Tunontaka, Nunukan, karena sepi penumpang.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Keberangkatan Kapal Roro Tujuan Batam-Lingga Ditunda Kembali

 

Menurut dia, kedatangan KM Egon merupakan realisasi janji saat kampanye kepada pengusaha yang membutuhkan jasa angkutan barang dari Surabaya.

“Memang kurang penumpangnya kali. Itu kan semua masyarakat di Nunukan, khususnya Jawa, minta rute itu dibuka. Kalau memang tidak menutupi operasionalnya, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar Laura.

Dia menambahkan, sepinya penumpang KM Egon diperkirakan karena penumpang kapal dari Nunukan ke Surabaya memilih menggunakan pesawat terbang daripada kapal laut. Sebab, perjalanan kapal laut itu banyak singgah di pelabuhan yang dilewati.

”Mungkin banyak yang lebih memilih pesawat udara ke Surabaya daripada kapal karena harus singgah dulu ke Sulawesi,” ucap Laura.

Kompas TV Pelabuhan Merak Mulai Ramai Pemudik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com