Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Keberangkatan Kapal Roro Tujuan Batam-Lingga Ditunda Kembali

Kompas.com - 12/01/2018, 11:01 WIB
Hadi Maulana

Penulis



BATAM, KOMPAS.com - Buruknya cuaca di sebagian perairan Kepulauan Riau (Kepri) membuat sejumlah pelayaran menjadi tertunda. Seperti kapal roro KMP Sembilang yang seharusnya diberangkatkan pada Jumat (12/1/2018) pagi pukul 08.00 WIB kembali mengalami penundaan keberangkatan.

Penundaan keberangkatan kapal roro ini disampaikan nakhoda kapal KMP Sembilang, Saidur.

"Mohon maaf kepada penumpang roro dengan rute Batam-Lingga dan sebaliknya, kita belum bisa berangkat karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat, karena tinggi gelombang masih mencapai lebih dari tiga meter," kata Saidur, Jumat (12/1/2018).

Menurut dia, seharusnya KMP Sembilang diberangkatkan ke Lingga pagi ini, tetapi karena cuaca buruk, jadi keberangkatannya ditunda hingga pukul 20.00 WIB nanti.

"Jika cuaca malam nanti masih belum juga membaik, kapal akan kembali kami tunda keberangkatannya hingga Sabtu (13/1/2018) besok pagi," ungkap Saidur.

Baca juga: Perlancar Arus Mudik, Kemenhub Tambah Kapal Roro di Tanjung Priok

Sebelumnya KMP Sembilang ini dijadwalkan berangkat pada Kamis pukul 20.00 WIB. Karena cuaca buruk pada malam tadi, terpaksa ditunda pada Jumat pagi dan kembali mengalami penundaan hingga Jumat malam nanti.

Sementara itu, Kepala BMKG Cabang Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Sahat, mengatakan, saat ini cuaca di sekitar perairan Kabupaten Lingga hingga perairan Tanjungpinang masih ekstrem, bahkan tinggi gelombang di atas tiga meter.

"Kecepatan angin di wilayah perairan Kepri, khususnya dari Singkep menuju Batam masih cukup kencang mencapai 15 hingga 20 knot, bisa mengakibatkan gelombang mencapai 3 meter bahkan lebih. Makanya bagi pelaku usaha di jasa laut harus hati-hati dan terus perhatikan keselamatan saat melakukan pelayaran," kata Sahat.

Kejadian ini, ujar Sahat, sudah terjadi sejak Rabu malam lalu dan sampai saat ini masih belum normal.

Kompas TV Presiden Joko Widodo angkat bicara soal silang pendapat antara Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com