Koalisi PAN, PKS, Gerindra di Pilkada Jabar Sudah Lama Direncanakan

Kompas.com - 10/01/2018, 22:10 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di sela acara pernyataan politik SBY, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1/2018). Kompas.com/Robertus BelarminusWakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di sela acara pernyataan politik SBY, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1/2018).
|
EditorReni Susanti

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, rencana koalisi PAN dengan PKS dan Partai Gerindra di Jawa Barat sudah lama direncanakan. Dia memastikan rencana tersebut tidak pernah berubah.

”Kita dari awal sudah membangun koalisi bersama teman-teman PKS dan Gerindra dan itu kita sudah umumkan koalisi ada di lima tempat Jabar, Jateng, Sumatera Utara, dan beberapa lainnya. Kita tidak pernah ada keraguan untuk masuk ke sini (koalisi),” kata Eddy di Bandung, Rabu (10/1/2018).

Eddy mengklarifikasi terkait hubungan PAN dengan calon gubernur Deddy Mizwar. Menurut dia, rencana untuk mendukung wakil gubernur Jawa Barat itu hanya sebatas wacana.

“Kala ada pernyataan PAN kemungkinan pindah ke kubu lain, mendukung pasangan calon lain itu hanya sekedar wacana saja. Realitanya dari awal kita ke paslon Asyik (Sudrajat-Syaikhu),” tuturnya.


(Baca juga : Golkar Sudah Menduga PAN Akan Tarik Dukungan dari Deddy Mizwar )

Ketika menetapkan untuk mendukung pasangan Sudrajat-Syaikhu, Ketua Umum PAN Zulkifki Hasan sudah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada Deddy Mizwar karena batal mendukungnya di Pilkada Jawa Barat 2018.

“Memang betul (PAN mendeklarasikan dukungan untuk Deddy Mizwar). Tapi kita lihat perjalanannya. Ketika kita secara koalisi melakukan pembicaraan kita sepakat untuk mengusung Pak Sudrajat dan Syaikhu, Pak Zulkifli Hasan juga sudah berpamitan dengan Pak Demiz. Jadi silahturahim tetap terjaga meski pilihan politik berbeda,” tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X