Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru Terakhir sebagai Bupati, Dedi Mulyadi Layani Petugas Kebersihan

Kompas.com - 31/12/2017, 22:31 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menggelar acara "Tukar Nasib", Minggu (31/12/2017) malam.

Dedi bersama para pejabat di Pemkab Purwakarta bertukar peran dengan petugas kebersihan. Sementara petugas kebersihan menjadi pejabat.

"Setiap malam tahun baru, pasti ada acara yang membuat kami bahagia. Kami biasa dilayani pejabat semalaman penuh di sini, disediakan makanan, pakai pakaian pejabat, dan dilayani pejabat segala sesuatunya," kata salah seorang petugas kebersihan, Eman (55), di Purwakarta.

Ia bersama rekan-rekannya sesama petugas kebersihan merasa sedih, karena ini adalah tahun baru terakhir Dedi sebagai Bupati Purwakarta.

"Dalam kebahagiaan kami malam ini ada kesedihan yang mendalam, karena Pak Bupati jabatannya akan segera berakhir. Ini malam tahun baru terakhirnya menjabat sebagai bupati," ujarnya terisak.

Baca juga: Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil Dianggap Kepala Daerah Terpegah 2017

Dalam acara ini, petugas kebersihan dijamu oleh para pejabat. Petugas kebersihan yang ingin makan atau minum, tinggal meminta kepada para pejabat yang semalaman menjadi pelayan.

"Para pejabat yang meminta kami jangan sungkan untuk minta apa-apa semalaman dalam acara ini. Bahkan Pak Bupati secara terang-terangan menjadi pelayan kami dan membersihkan piring bekas makan kami. Saya bangga kepada Pak Dedi sebagai pemimpin kami," kata Eman.

Sementara itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap malam pergantian tahun. Ia membenarkan, malam tahun baru kali ini merupakan momen terakhir dirinya menjabat Bupati Purwakarta.

Baca juga: Golkar Nilai Deddy - Dedi Bisa Jadi Pemersatu Masyarakat Jabar

"Kegiatan rutin malam tahun baru ini terakhir kalinya dalam jabatan saya, soalnya jabatan bupati di Purwakarta berakhir pada 12 Februari 2018 nanti. Jadi, saya sekaligus pamit dan meminta maaf kepada seluruh petugas kebersihan yang sudah bekerja ekstra keras dalam pengabdiannya selama ini," ujar Dedi kepada wartawan.

Sampai berita ini diturunkan, ratusan petugas kebersihan dilayani sebagai pejabat. Mulai dari meja, kursi pejabat, panggung hiburan musik disuguhkan untuk para petugas kebersihan. Berbagai jamuan makanan disediakan untuk kebutuhan mereka sampai malam hari. Mereka juga berdandan selayaknya seperti pejabat selama mengikuti acara tersebut.

Kompas TV Golkar Usung Dedi Mulyadi & Deddy Mizwar di Pilkada 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com