Libur Natal, 22.455 Wisatawan Padati Gunung Bromo dan Semeru - Kompas.com

Libur Natal, 22.455 Wisatawan Padati Gunung Bromo dan Semeru

Kompas.com - 26/12/2017, 20:28 WIB
Wisatawan menikmati terbitnya matahari di Kawasan Obyek Wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (27/11/2017). Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) optimistis mampu menyumbang pendapatan negara dari sektor pariwisata sebesar Rp 20 miliar pada 2017, dari total penerimaan yang telah mencapai kisaran Rp 19 miliar.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO Wisatawan menikmati terbitnya matahari di Kawasan Obyek Wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (27/11/2017). Pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) optimistis mampu menyumbang pendapatan negara dari sektor pariwisata sebesar Rp 20 miliar pada 2017, dari total penerimaan yang telah mencapai kisaran Rp 19 miliar.

MALANG, KOMPAS.com - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dipadati wisatawan selama libur Natal 2017. Terhitung sejak Kamis (20/12/2017) hingga Senin (25/12/2017), jumlah wisatawan yang masuk ke kawasan itu sebanyak 22.455 orang.

"Pengunjung kawasan Bromo dan Semeru selama libur Natal, pengunjung nusantara 22.260 orang dan pengunjung mancanegara 195 orang," kata Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat melalui pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2017).

Dijelaskan Sarif, pengunjung sebanyak itu masuk melalui empat pintu yang ada. Empat pintu masuk itu adalah Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo; Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Coban Trisula, Kabupaten Malang; dan Ranu Pani, Kabupaten Lumajang sebagai pintu pendakian menuju Gunung Semeru.

"Iya itu semua pintu masuk Bromo dan Semeru. Pintu masuk Cemoro Lawang, Penanjakan, Coban Trisula, dan Ranu Pani untuk pendakian Semeru," jelasnya.

(Baca juga: Pasca-Natal, Polisi Fokus Pengamanan Obyek Wisata hingga Pusat Perbelanjaan)

Jumlah kunjungan itu, menurut dia, naik signifikan dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada hari biasanya.

"Terjadi lonjakan signifikan dibanding weekend hari biasa," Sarif.

Sebagai informasi, pengelola TNBTS mempersiapkan 251 personel pengamanan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2018. Terdiri dari petugas TNBTS, TNI-Polri, dan pemerintah setempat.

Selain itu, pengelola juga menyediakan kantong plastik yang akan dibagikan kepada pengunjung supaya tidak buang sampah sembarangan.

Kompas TV Namun, tak sedikit yang menilai tugu nama Bromo justru menjadi pemandangan baru bagi wisatawan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X