Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Desa di Kabupaten Barru Terendam Banjir

Kompas.com - 21/12/2017, 22:09 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi selama dua hari terakhir membuat tiga desa di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, terendam banjir. Kedalaman air mencapai 50 centimeter hingga 1 meter membuat aktivitas warga nyaris lumpuh.

Tiga desa yang terendam banjir, yakni Desa Binuan, Kamiri dan Desa Lampoko, Kecamatan Balusu. Di tiga desa itu, ratusan rumah juga terendam banjir. Menurut warga, ketinggian air membuat warga yang sebagian petani tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

“Dua hari ini curah hujan tinggi. Air menggenangi ratusan rumah yang ada di tiga desa. Warga yang sebagian berar adalah petani tidak lagi turun ke sawah, karena sawah meraka terendam banjir,“ kata Hasnia, warga Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh, setelah memantau pemilihan kepala desa, langsung memantau banjir di tiga desa tersebut.

“Ada tiga desa terendam banjir. Namun yang terparah di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Saya sudah perintahkan BPBD Kabupaten Barru untuk mendata dampak banjir," kata Suardi Saleh.

Baca juga : Wali Kota Makassar: Sebagian Kota Sudah Terendam Banjir

Lanjut Suardi, ia juga meminta kepada BPBD Kabupaten Barru agar menyiapkan perahu karet untuk membantu warga yang membutuhkan.

Kompas TV Petugas memasang karung pasir sebagai tanggul sementara yang jebol di Jatipadang, Jakarta Selatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com