Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapak Pecinta Burung, Gelar Baru untuk Gus Ipul

Kompas.com - 27/11/2017, 07:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Komunitas pecinta Burung Puter Jawa Timur mendaulat Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Bapak Pecinta Burung. Gelar baru itu diberikan kepada Gus Ipul saat menghadiri Liga Puter Jawa Timur VII di Pasar Jambangan Surabaya, Sabtu (25/11/2017).

Bambang, Ketua Panitia Liga Puter Jawa Timur VII, mengatakan, bahwa selama ini Gus Ipul memang selalu hadir di acara-acara pehobi burung.

"Karenannya dalam kesempatan ini, kami para penghobi burung mendaulat dia (Gus Ipul) sebagai Bapak Pelindung Burung dan Bapak Pecinta Burung," katanya.

Bambang menuturkan, komunitas burung puter tersebut kerap menggelar lomba burung minimal setiap dua minggu sekali. Selama ini Gus Ipul selalu mendukung kegiatan tersebut.

Gus Ipul sendiri mengapresiasi digelarnya Liga Puter Jawa Timur ke VII. Menurut dia, pehobi burung tidak hanya meningkatkan kesejahteraan bagi para peternak, melainkan juga bisa ikut menggerakkan sektor UMKM, khususnya pada pengrajin sangkar burung.

"Saya bangga dan bersyukur atas kegiatan ini. Ada manfaat ekonomi yang bisa dilihat dari hobi burung ini, di antaranya banyak aksesoris pada sangkar burung yang dibuat oleh UMKM Jatim," terang Gus Ipul.

Jika sangkar burung terjual, lanjut dia, dengan sendirinya para pelaku UMKM di sektor sangkar juga akan menerima keuntungan. Karenanya, memperbanyak kompetisi hobi burung perlu digalakkan.

"Ke depan kegiatan seperti ini diharapkan bisa lebih banyak sehingga mampu memajukan perekonomian kita," ujarnya.

Liga Puter Jawa Timur VII diikuti oleh ratusan penghobi burung dari berbagai  daerah di Jawa Timur. Mereka yang mengikuti perlombaan diantaranya berasal dari Surabaya, Banyuwangi, Jember, Mojokerto, Jombang, Madiun, Kediri serta Madura.

(Kontributor Surabaya/Achmad Faizal)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com