Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan 5 Jam, Sejumlah Ruas Jalan di Surabaya Tergenang Air

Kompas.com - 24/11/2017, 14:43 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kota Surabaya dan sekitarnya diguyur hujan lebat Jumat (24/11/2017). Hujan yang turun lebih dari 5 jam sejak pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB itu mengakibatkan genangan di sejumlah ruas jalan.

Pantauan KOMPAS.com, di kawasan Surabaya selatan, genangan terpantau di wilayah Siwalankerto, Jambangan, dan wilayah Kutisari. Pengendara motor bahkan harus mendorong kendaraannya karena mesin motornya mogok saat melintasi genangan air.

Genangan air juga terpantau di wilayah Surabaya utara seperti di kawasan Jalan Sidotopo, Kapasan, dan Simokerto.

Samsul Hariadi, Kepala Bidang Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya mengaku sedang memaksimalkan puluhan pompa air di seluruh wilayah di Kota Surabaya.

(Baca juga : Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Bengkulu Terendam Banjir)

Berdasarkan laporan yang dihimpun pihaknya, genangan air hujan tertinggi ada di kawasan Jalan Darmawangsa, yakni lebih dari 30 centimeter. "Ada juga laporan tadi di wilayah Ngagel yang mencapai 50 centimeter," ucapnya.

Hujan hari ini ternyata tidak hanya terjadi di Surabaya, namun sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti di Kediri, Nganjuk, dan Madiun, serta beberapa daerah di pulau Madura seperti di Sampang dan Pamekasan.

Taufik Hermawan, Kepala Sekai Dat dan Informasi BMKG Juanda mengatakan, tingginya curah hujan di Jatim diprediksi akan terjadi hingga Februari 2018.

"Tingginya curah hujan berpotensi membentuk awan CB, dan awan CB berpotensi melahirkan puting beliung," jelasnya dikonfirmasi. 

Kompas TV Banjir berhasil merendam 4 kecamatan dan 20 rumah rusak parah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com