Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Akan Nikahkan Sendiri Kahiyang dengan Bobby

Kompas.com - 01/11/2017, 16:38 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menikahkan sendiri putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Afif Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu (8/11/2017) pukul 08.00 WIB.

"Nanti pak Jokowi sendiri yang akan menikahkan putrinya. Tidak diwakilkan," kata Slamet Aby, Pemandu Acara Akad Nikah dan Ijab Kabul pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Boby Nasution di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 1/11/2017) siang.

Slamet mengatakan, dalam ajaran Islam, ayah kandung sebagai wali dari calon pengantin putri memang harus menikahkan anaknya. Sementara petugas dari KUA hanya melakukan pencatatan di buku nikahnya.

Dia menyebutkan, sebelum akad nikah dimulai dilakukan serah terima calon mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita. Selanjutnya menuju majelis atau tempat akad nikah.

Baca juga: Foto Pra-nikah Kahiyang dan Bobby Pamerkan Keelokan Indonesia

Slamet mengatakan, sesuai tuntunan agama Islam, syarat sahnya ijab kabul di antaranya ada calon mempelai wanita dan calon mempelai pria, wali yang menikahkan, dua saksi masing-masing dari dua mempelai dan mahar atau mas kawin. "Kelima syarat itu harus dipenuhi semua," ucap dia.

Menurut dia, rangkaian acara akad nikah dan ijab qobul pasangan Kahiyang-Boby dimulai dengan pembukaan dari petugas pencatat nikah dari KUA. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran.

"Setelah itu diikuti dengan khotbah nikah yang diisi oleh orang yang ditunjuk. Selanjutnya Pak Jokowi akan menikahkan putrinya atau dinamakan ijab kabul. Dan terakhir ditutup dengan doa," ungkap Slamet.

Mengenai saksi untuk pernikahan Kahiyang Ayu dan Boby Nasution, Slamet mengaku belum mengetahuinya.

Kompas TV Aparat TNI, Polri dan pemerintah Kota Surakarta, menggelar gladi rangkaian kendaraan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com