Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Enam Acara Penting Hajatan Pernikahan Kahiyang-Boby

Kompas.com - 01/11/2017, 14:15 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Menjelang tujuh hari pernikahan putri semata wayang Presiden Jokowi, panitia mengumumkan beberapa rangkaian acara adat, akad nikah, dan resepsi yang digelar  Selasa ( 7/11/2017) dan Rabu ( 8/11/2017).

Setidaknya ada enam acara penting yang akan digelar dalam pernikahan akbar putri orang nomer satu RI itu. Keenam acara penting tersebut akan dipandu lima MC atau pemandu acara kondang asal Kota Solo.

(Baca juga : 50 Abang Becak Penarik Tamu Pernikahan Kahiyang-Boby Diperiksa Kesehatan)

Inilah lima master of ceremony (MC) yang akan memandu jalannya prosesi adat jawa pra pernikahan, akad nikah hingga resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Boby Nasution. Dari kiri, Tauviq, Widarsih, Sari Nugraha, Umijatsih dan Slamet Aby. Gambar diambil di Gedung Graha Saba Buana Solo usai kelimanya menggelar jumpa pers, Rabu ( 1/11/2017) siang.KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi Inilah lima master of ceremony (MC) yang akan memandu jalannya prosesi adat jawa pra pernikahan, akad nikah hingga resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Boby Nasution. Dari kiri, Tauviq, Widarsih, Sari Nugraha, Umijatsih dan Slamet Aby. Gambar diambil di Gedung Graha Saba Buana Solo usai kelimanya menggelar jumpa pers, Rabu ( 1/11/2017) siang.
Berikut enam acara penting yang digelar dalam prosesi pernikahan Kahiyang-Boby, pada Selasa (7/11/2017):

1. Siraman pengantin putri (Kahiyang). Lokasi di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

2. Siraman pengantin putra (Boby) di salah satu hotel bintang lima Alila di Kota Solo.

3. Midodareni (malam prosesi adat menjelang pernikahan) di rumah pengantin putri.

Rabu (8/11/2017)

4. Akad Nikah dan Ijab Qobul, lokasi di Gedung Graha Saba Buana.

5. Panggih (Mempertemukan pengantin putra dan putri) di Gedung Graha Saba Buana Solo.

6. Resepsi pernikahan Kahiyang-Boby yang diperkirakan dihadiri 8.000 tamu undangan di Gedung Graha Saba Buana Solo.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi putra sulung Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan putrinya Kahiyang Ayu (kiri) memberikan keterangan pers terkait pesiapan pernikahan putrinya di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017). Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan dilangsungkan di dua kota, yakni Solo pada 8 November 2017 dan Medan pada 24, 25 dan 26 November 2017.ANTARA FOTO/HANDOUT/SETPRES/KRIS Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi putra sulung Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan putrinya Kahiyang Ayu (kiri) memberikan keterangan pers terkait pesiapan pernikahan putrinya di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017). Resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan dilangsungkan di dua kota, yakni Solo pada 8 November 2017 dan Medan pada 24, 25 dan 26 November 2017.
Widarsih Suranto, pemandu acara Siraman dan Midodareni mengatakan, kedua acara itu akan digelar di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo.

"Acara Siraman berlangsung pagi. Kalau acara Midodareninya pada malam hari," ujar Widarsih kepada wartawan di Gedung Graha Saba Buana Solo, Rabu ( 1/11/2017) siang.

Pensiunan PNS Dikbud Solo itu mengatakan, kedua acara tersebut merupakan rangkaian adat Jawa yang tidak terpisahkan sebelum akad nikah berlangsung. Untuk itu, acaranya digelar sehari menjelang akad nikah dan resepsi.

Sementara itu pemandu acara siraman pengantin pria (Boby), Tauviq Widodo mengatakan, acara siraman Boby berlangsung sederhana di salah satu hotel bintang lima Kota Solo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com