Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut 'One Man Show', Begini Tanggapan Ridwan Kamil

Kompas.com - 30/10/2017, 19:26 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membantah soal label 'one man show' yang disematkan kepadanya oleh sejumlah pakar politik.

Ia pun memaparkan soal pembentukan delapan lembaga penasihat wali kota sebagai bukti bahwa segala kebijakan tak diputuskan sendiri.

"Pengamat itu kadang gak tahu isi dapur. Di zaman saya kewenangan wali kota saya preteli. Di zaman saya delapan lembaga penasihat Wali Kota dibentuk, supaya Wali Kota tidak one man show," ucap Emil, sapaan akrabnya, Senin (30/10/2017).

"Di zaman saya 50 lebih kewenangan wali kota di serahkan ke camat, supaya tidak sentralistik ke wali kota," tambahnya.

(Baca juga : Pengamat Sebut Ridwan Kamil Punya Sikap One Man Show)

Ia menilai, label one man show merupakan pembacaan media. Sebab, ia selalu menjadi sasaran media untuk mengkonfirmasi suatu hal.

"Jadi karena yang sering dikutip oleh media yah Wali Kota, padahal kerja kami, kerja tim. Kalau itu dibaca begitu, pengamatnya salah tafsir, karena kenyataannya tidak begitu," ungkapnya.

"Jawabannya pengamatan itu keliru. Karena secara ilmiah di zaman Wali Kota Ridwan Kamil, kewenangan wali kota banyak dipreteli, didesentralisasi agar tidak terpusat, tidak otoriter, tidak one man show," ungkapnya.

Sebelumnya, pengamat politik dan tata negara Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menilai Ridwan Kamil punya sikap one man show dalam menjalankan roda pemerintahan. Situasi itu, terjadi di Kota Bandung saat ini.

(Baca juga : Uu Ruzhanul dan Daniel Mutaqien, Siapa Paling Tepat Dampingi Ridwan Kamil?)

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan Ridwan Kamil yang harus jadi catatan. Apalagi ia tengah berkontestasi di Pilkada Jabar.

"Ridwan dianggap agak one man show, dia agak nonjol sendiri. Agak berat bagi parpol karena parpol ingin ada wakilnya yang juga bisa kerja sama. Itu juga terjadi di Kota Bandung," ujarnya.

Kompas TV Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar memutuskan untuk mendukung Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jawa Barat 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com