Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Pak Uu Memenuhi Dua Syarat yang Saya Inginkan

Kompas.com - 23/10/2017, 19:08 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tak keberatan bisa didampingkan dengan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum di Pilkada Jabar 2018.

Uu merupakan salah satu kandidat yang agresif melakukan pendekatan dengan Ridwan Kamil. Bahkan, Uu sempat menyambangi rumah dinas Ridwan Kamil untuk mengajukan diri secara langsung.

Peluang Uu kian diperkuat dengan posisi politik PPP yang saat ini menjadi kunci bagi Ridwan Kamil untuk membangun poros koalisi. Apalagi PPP punya kursi dukungan lebih besar (9 kursi) jika dibandingkan Partai Nasdem (5 kursi) dan PKB (7).

(Baca juga: Ridwan Kamil Mengaku Bersedia Berpasangan dengan Bupati Tasik, asal...)

Terkait hal itu, Ridwan mengaku tak keberatan diduetkan dengan Uu. Selain sesama pemimpin daerah, Uu pun dinilai punya dua syarat yang diinginkan Ridwan, yakni elektabilitas dan popularitas.

"Enggak masalah, sama-sama eksekutif. Kan syarat dari saya mah dua, dia harus punya kepemimpinan, dia harus punya elektabilitas dan Pak Uu memenuhi dua nilai itu tadi," ucap pria yang kerap disapa Emil, Senin (23/10/2017).

Emil menilai, perkara mencari sosok pendampingnya menjadi tantangan tersendiri bagi partai koalisi karena sudah jauh-jauh hari, Emil menegaskan bahwa bakal calon wakil gubernur berada di tangan partai koalisi.

"Memilih wakil menjadi tantangan berikutnya yang harus diselesaikan. Karena Nasdem, PKB, PPP kan harus mendiskusikan secara bersama-sama," ucapnya.

"Saya pribadi tidak memaksakan asalkan PPP, PKB dan Nasdem-nya sepakat," ungkapnya.

 

 

Kompas TV Usai dicalonkan, Khofifah menyatakan terima kasihnya kepada Partai Nasdem karena telah mempercayakan dirinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com