Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa 2 Fakultas di Universitas Riau Bentrok, Kuliah Diliburkan Sepekan

Kompas.com - 07/10/2017, 23:48 WIB
Citra Indriani

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pihak Universitas Riau terpaksa mengambil kebijakan dengan meliburkan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakutas Fisip. Pihak kampus juga akan menyelidiki siapa yang melakukan provokasi yang memicu bentrokan.

Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi menjelasakan, libur sudah diberlakukan sejak kemarin dan mahasiswa akan masuk pada 13 Oktober 2017.

"Seluruh mahasiswa dari dua fakultas kita liburkan selama sepekan," ucap Aras Mulyadi saat menggelar jumpa pers di gedung Pasca Sarjana Universitas Riau Jalan Pattimura, Pekanbaru, Sabtu (7/10/2017).

Kebijakan meniadakan aktivitas belajar mengajar untuk sementara waktu dilakukan karena pihak universitas kini melakukan investigasi terkait kerusuhan itu.

Pihak universitas akan memberi sanksi tegas kepada pelaku yang melakukan provokasi dan perusakan fasilitas kampus.

Di menjelaskan, fasilitas yang dirusak adalah dua pos pengamanan di lingkungan Fakultas Fisip. Selain itu, belasan karangan bunga ucapan selamat wisuda di Fakultas Fisip juga dirusak, sebagian dibakar.

Baca juga: Mahasiswa Teknik dan FISIP Bentrok gara-gara Ejekan, Mediasi Digelar

Aras menegaskan, untuk sementara kasus ini tidak akan dibawa ke ranah hukum dan akan diselesaikan oleh pihak kampus.

"Kita saat ini terus melakukan mediasi antara dua fakultas. Mereka menyatakan sudah sepakat untuk berdamai. Peristiwa ini terjadi karena ada adanya konvoi mahasiswa Teknik masuk ke halaman Fakultas Fisip yang sedang melaksanakan kegiatan wisuda. Mereka saling ejek dan terjadilah kerusuhan. Perkelahian sempat terhenti. Namun malam hari berlanjut kembali karena ada yang memprovokasi," ucap Aras lagi.

Baca juga: Bentrok Mahasiswa FISIP dengan Teknik saat Wisuda, Delapan Luka

Kompas TV Sebelumnya, suporter Persebaya bentrok dengan anggota perguruan pencak silat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com