Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarum Pentul Tertelan Saat Betulkan Jilbab, Anisa Segera Dioperasi

Kompas.com - 03/10/2017, 14:42 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung telah menyiapkan tim untuk mengangkat jarum pentul yang tersangkut di saluran pernafasan Anisa Salim (14), gadis asal Sumedang yang tertelan jarum saat membetulkan jilbab.

Direktur Medik dan Keperawatan RSHS, Nucki Nurjamsi Hidajat mengatakan, kondisi Anisa sudah siap untuk menjalani operasi yang rencananya dilakukan pada Kamis 5 Oktober 2017.

"Saat ini kondisi pasien secara umum baik dan dinyatakan siap untuk dilakukan operasi," ucap Nucki saat ditemui di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Selasa (3/10/2017).

Nucki menjelaskan, dari hasil rontgen jarum yang bersemayam di tubub Anisa berada di saluran pernafasan dengan posisi melintang. Kondisi itu membahayakan sebab ada kemungkinan jarum tersebut telah menancap pada salah satu organ pernafasan.

"Ini masuk saluran pernafasan dan cukup membahayakan. Saat masuk tertelan sampai ke bawah, hasil rontgen memperlihatkan jarum itu sampai ke percebanganan karina (antara paru-paru kiri dan kanan). Ini membahayakan tapi sifatnya tidak harus segera dilakukan tindakan," ucap Nucki.

"Ini bahaya karena benda metal, tajam sehingga tubuh bisa menimbulkan reaksi rangsangan ingin mengeluarkan, ada reflek batuk. Tapi bendanya kecil sehingga tidak menyumbat pernafasan," tambahnya.

(Baca juga: Jarum Pentul Tertelan Saat Betulkan Jilbab, Anisa Harus Dioperasi)

Sebelumnya diberitakan, Siswi kelas III SMPN 1 Rancakalong, Kabupate Sumedang itu harus mendapat perawatan intensif setelah tak sengaja menelan jarum pentul. Hingga kini, jarum tersebut masih bersemayam di rongga pernafasan Anisa.

Insiden itu terjadi Senin (18/9/2017) lalu. Saat itu, Anisa sedang membetulkan jilbabnya di hadapan cermin kelasnya saat jam istirahat. Tangannya fokus merapikan kerudung, sementara mulutnya menjepit jarum yang hendak ia pasang.

Namun, pada saat bersamaan, badannya tersenggol salah seorang rekannya. Seketika jarum tersebut tertelan hingga masuk tenggorokannya.

"Lagi benerin kerudung tapi kayaknya ada yang nyenggol atau dorong enggak lihat dia sengaja atau tidak. Jarumnya langsung ketelen," kata Anisa.

 

 

Kompas TV Jam Big Ben Akan Membisu Selama 4 Tahun
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com