Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron 6 Bulan, Tersangka Korupsi Sembunyi dan Menyamar Jadi Guru Silat

Kompas.com - 29/09/2017, 06:51 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Tim Satuan Reserse dan Kriminal Unit Tindak Pidana Korupsi Polres Madiun menangkap Hariyanto alias Herek, tersangka kasus korupsi pengembangan pembibitan ternak sapi brahman eks impor.

Guru pencak silat itu ditangkap setelah masuk daftar pencarian orang Polres Madiun selama enam bulan.

Setelah dilakukan pencarian, polisi akhirnya membekuk warga Desa Doho, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun itu di Pekanbaru.

"Tersangka kami tangkap setelah bersembunyi di Pekanbaru, Riau selama enam bulan. Di Pekanbaru, Hariyanto dikenal sebagai guru silat," ungkap Kasatreskrim Polres Madiun, AKP Hanif Fatih Wicaksono, Kamis (28/9/2017) malam.

Hanif menjelaskan penangkapan Hariyanto dilakukan setelah status kasus program pengembangan perbibitan ternak sapi brahman eks impor tahun 2008 senilai Rp 625 juta naik ke penyidikan.

(Baca juga: Sepak Terjang Rita Widyasari, Putri Mantan Bupati yang Raih Sederet Penghargaan)

Hariyanto sebagai bendahara kelompok ternak Taruna Jaya diduga tidak membelikan anakan sapi tetapi dana bantuan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Dari laporan anggota kelompok ternak, lanjut Hanif, tersangka Hariyanto membawa uang yang semestinya untuk dibelikan bibit sapi sebesar Rp 137.750.000. Uang itu dipakai Hariyanto untuk keperluan pribadinya.

Hanif menambahkan untuk sementara tersangka dalam kasus ini baru satu orang. Pasalnya, uang yang dipakai tersangka untuk kepentingan pribadi Haryanto sendiri.

 

 

Kompas TV BNPB memasang sirine peringatan dini gunung berapi di 5 lokasi di Karangasem Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com