Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Bersama Basarnas, SAR Singapura Kerahkan 2 Pesawat ke Mempawah

Kompas.com - 11/09/2017, 20:52 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Rescue Comand Center (RCC) Singapura mengerahkan dua pesawat jenis Fokker dan Hercules ke perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Kedua pesawat pencari tersebut dikerahkan guna menunjang latihan bersama antara Badan SAR Nasional dengan RCC Singapura yang digelar pada 11-15 September 2017.

Kepala Sub Direktorat Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi Basarnas, Agus Haryono mengatakan, latihan gabungan yang diberi nama Latihan SAR Indonesia-Singapura (Indopura) merupakan yang ke-35 kalinya dilakukan.

Dalam misi latihan bersama tersebut, RCC Singapura memboyong aset berupa dua pesawat untuk menunjang proses latihan. "Tahun ini laihan dipusatkan di perairan Pulau Datuk dan latihan dilakukan dalam bentuk manuver," ujar Agus usai membuka secara resmi latihan bersama di Kantor SAR Pontianak, Jalan Adisucipto, Kabupaten Kubu Raya, Senin (11/9/2017).

"Jadi ini untuk menguji prosedur masing-masing otoritas SAR, baik itu di Indonesia maupun Singapura jikalau itu nanti dibutuhkan suatu operasi SAR bersama, baik itu di wilayah perbatasan maupun kedua negara saling membantu ketika ada operasi SAR," sambung Agus.

Baca juga: Basarnas Nias Cari Pekerja Menara yang Terseret Ombak saat Mandi

Sementara dari Indonesia, akan mengerahkan aset yang dimiliki Kantor SAR Pontianak yaitu alur laut berupa kapal. "Aset tersebut akan diterjunkan sesuai dengan skenario dan hasil ploting yang dibuat," kata Agus.

Target latihan ini, sambung Agus, untuk memelihara kesiapsiagaan dari masing-masing otoritas SAR kedua Negara. Baik itu kesiapsiagaan kemampuan maupun untuk menguji prosedur dan komunikasi apabila kedua negara melakukan operasi SAR bersama.

"Sehingga nantinya bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan pesawat atau kapal seperti yang terakhir terjadi kecelakaan pada kapal induk milik Amerika diperairan Singapura," ucap Agus.

Sementara itu, Ketua Delegasi RCC Singapura, Tai Kit mengatakan latihan bersama Indopura ini merupakan wadah bagi RCC untuk latihan bersama. Dalam hal ini adalah adanya terjalin komunikasi yang baik ketika mendapatkan informasi terkait adanya kecelakaan yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan segera.

"Indopura sebagai wadah latihan menyesuaikan dengan kejadian atau kecelakaan yang terjadi pada setiap daerah yang terdekat dengan Singapura. RCC juga berkoordinasi dengan Basarnas apabila terjadi kecelakaan pelayaran dalam wilayah yang menjadi tanggung jawab kami," kata Tai.

Kompas TV Lokasi jatuhnya helikopter ini juga terus didatangi warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com