Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Bentuk Bak, Polisi Amankan 28 Truk Pengangkut Pasir dan Tanah

Kompas.com - 07/09/2017, 22:33 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com — Satuan Lalu Lintas Polres Magetan mengamankan 28 unit dump truk pengangkut pasir dan galian tanah, Kamis (7/9/2017). Kendaraan roda enam itu diamankan lantaran mengubah spek bak melebihi dari ukuran normal.

"Dump truk yang kami amankan karena bak penampung diubah melebihi ukuran normal. Sesuai spesifikasi kendaraan, dump truk itu maksimal mengangkut 8 ton. Setelah diubah spesifikasi baknya, dump truk itu dapat mengangkut 12 ton pasir atau galian tanah," ujar Kasat Lantas Polres Ngawi, AKP Hangkie Fuariputra, Kamis (7/9/2017).

Menurut Hangkie, perubahan spesifikasi bak truk berdampak pada keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, muatan yang berlebih akan menjadikan ruas jalan yang dilalui cepat rusak.

Hankie menambahkan, 28 unit dump truk yang terjaring dalam operasi di ruas jalan Sukomoro dan Taji semuanya diamankan di Mapolres Magetan. Tak hanya itu, 28 pengemudi dump truk itu sudah diberikan tilang.

(Baca juga: Truk Terbalik di Ende, 1 Penumpang Tewas, 7 Terluka)

 

Informasi yang dihimpun, razia dump truk dilakukan setelah ada aksi ratusan warga yang menghadang truk pemuat tanah urug dan pasir. Warga memprotes lantaran ruas jalan yang dilalui dump truk pengangkut pasir dan tanah urug untuk keperluan pembangunan jalan tol dan pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com