Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

Kompas.com - 02/09/2017, 09:02 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di Samudera Hindia, selatan Jawa Tengah, yakni di Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.

Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan akan terjadi sejak Sabtu (2/9/2017) hingga Minggu (3/9/2017) pukul 07.00 WIB.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada wisatawan yang memiliki agenda rekreasi ke pantai selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk lebih berhati-hati karena gelombang tinggi bisa datang sewaktu-waktu," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan, Sabtu (2/9/2017).

Tak hanya wisatawan, petugas jaga di obyek wisata pantai pun diminta meningkatkan kewaspadaan.

(Baca juga: Masuk Puncak Musim Kemarau, BMKG Imbau Warga Waspadai Angin Kencang)

Petugas diminta tidak lelah mengingatkan para pengunjung agar tak berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

"Terlebih saat ini masih libur panjang, wisatawan pasti membeludak. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, diimbau untuk menjauhi garis pantai," ujarnya.

Rendi juga menyebut, prakiraan cuaca untuk wilayah selatan umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan. Angin berembus dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan 5-15 knot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com