Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saeman Rela Tidur di Kandang demi Jaga Sapi Milik Presiden Jokowi

Kompas.com - 30/08/2017, 10:14 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Bangga karena sapi kesayangannya berbobot 1,1 ton dibeli Presiden Jokowi dengan harga fantastis Rp 60 juta, Saeman, peternak sapi asal Kecamatan Wononomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, rela tidur di kandang sapi dan meninggalkan istri dan anak-anaknya.

Sejak sapinya resmi dibeli orang nomor satu di Indonesia, pekan lalu, Saeman kini menjaga 24 jam kandang sapi miliknya hingga hari Raya Idul Kurban mendatang.

Meski mendadak terkenal dan kandangnya ramai dikunjungi warga yang penasaran, sejak sepekan terakhir, namun Saeman kini selektif menerima tamu demi keamanan sapi miliknya.

“Saya tak ingin mengecewakan Presiden Jokowi, makanya saya jaga 24 jam dan saya rela tidur di kandang agar saya bisa persembahkan sapi saya nanti tanpa cacat,” tutur Saeman, Selasa (30/8/2017).

Baca juga: Saeman Bangga Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp 60 Juta

Saeman mengaku bangga dan senang sapinya dibeli Presiden Jokowi. kebanggan Saeman bukan hanya karena harganya tinggi, tetapi juga pembelinya bukan orang biasa.

Apalagi, selama ini belum pernah ada sapi di Sulbar yang dibeli presiden selain sapi milik saeman yang diberi nama Kliwon utu.

“Banyak lokasi penggemukan sapi di Polewali Mandar, tapi sapi terbesar adalah milik Saeman. Makanya ini yang kita sodorkan ke presiden,” tutur Kaharuddin, kepala Bidang Peternakan dan Inseminasi Buatan, Dinas Peternakan Polewali Mandar, yang memantau kandnag sapi milik Saeman.

Sebelum sapinya diserahkan pada hari Raya Idul Adha bertepatan pada 1 September 2017 mendatang, Saeman telah membuat landasan dari tanah padat setinggi satu meter lebih persis di depan rumahnya.

Saeman berharap bisa membantu mengangkut si Kliwon untuk dibawa ke tempat pemotongan hewan kurban.

Baca juga: Sapinya Dibeli Presiden Jokowi, Saeman Tingkatkan Pengamanan Kandang

Sejak namanya populer dan jadi pembicaraan, Saeman kini banyak mendapat tawaran kerja sama dari sejumlah investor yang hendak menanamkan modal usaha penggemukan sapi di kandang miliknya. Namun saeman masih mempertimbangkan tawaran tersebut.

Kompas TV Sapi ini menjuarai lelang dan dibeli pada angka Rp 125 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com