Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir 1 Meter Terjang Dusun Air Minggu di Taliabu, Warga Dievakuasi

Kompas.com - 24/08/2017, 22:12 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Dusun Air Minggu, Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Kamis (24/8/2017) sore tadi diterjang banjir.

Seluruh warga yang mendiami dusun itu terpaksa dievakuasi oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan Dinas Sosial setempat.

Ketinggian air yang masuk ke rumah hingga pukul 18.00 waktu setempat mencapai sekitar 1 meter lebih.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Sidrap

Kepala Desa Warisum Upik Widodo menuturkan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Namun kerugian materil mulai dari hewan ternak, kerusakan alat elektronik, hingga rumah diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Kalau untuk kerugian warga saya ini bisa mencapai ratusan juta, di situ ada hewan ternak, peralatan elektronik, serta rumah warga yang rusak akibat hanyut terbawa arus. Kalau untuk korban jiwa tidak ada," ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa mengambil hikmah dari kejadian ini, dan pemerintah daerah bisa segera memberikan bantuan kepada korban banjir secepatnya.

"Saya berharap pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu bisa secepatnya memberikan bantuan kepada warga Dusun Air Minggu yang mencapai 70 kepala keluarga," kata kades lagi.

Baca juga: Dua Desa di Wajo Terendam Banjir Lumpur Kiriman

 

Hingga berita ini diturunkan, semua warga bisa dievakuasi berkat kerja sama BPBD, Dinas Sosial, TNI, Polri dan juga masyarakat setempat.

Kompas TV Cuaca buruk membuat proses penyaluran bantuan terhambat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com