Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Landa Sidrap

Kompas.com - 08/08/2017, 21:42 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

SIDRAP, KOMPAS.com - Luapan Sungai Saddang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, membuat Desa Dengeng-Dengneng Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, dilanda banjir bandang, Senin (7/8/2017).

“Saat kejadian hujan hanya rintik-rintik saja. Namun tiba-tiba sunga Dengeng dengeng ini meluap dan terjadi banjir bandang. Air bah yang membawa material batang kayu dan pohon besar, membuat 3 rumah warga hanyut dan 2 jembatan juga hanyut. Selain itu ada juga mobil warga yang terendam,“ kata Juni, warga setempat Selasa (8/8/2017).

Juni yang membantu warga terdampak banjir mengatakan, sejumlah rumah rusak dan hingga kini warga diungsikan ke rumah warga lainnya. Hingga kini mereka masih membantu warga mencari barang-barang yang hilang, karena terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Siara Barang mengatakan. banjir bandang yang melanda Desa Dengeng-Dengen, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap merembet ke sejumlah wilayah di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Dua Desa di Wajo Terendam Banjir Lumpur Kiriman

Banjir lumpur tersebut merendam permukiman dan lahan pertanian. Data sementara, 497 jiwa terdampak.

Di Desa Dengeng-dengeng terdapat 6 KK mengungsi sedangkan di Desa Buntu Buangin ada 5 KK mengungsi akibat banjir dan longsor. Mereka mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kerusakan lain dari dampak banjir bandang di Desa Dengeng-Dengeng , 6 rumah rusak berat, Di Desa Belawae terdapat 100 unit rumah terdampak dengan tinggi banjir 30-100 centimeter.

"Sedangkan di Desa Buntu Buangin terdampak dari longsor meliputi 5 rumah rusak berat, ruas jalan desa sepanjang 15 km rusak berat, 1 jembatan rusak berat dan 10.000 pohon cengkeh produktif terbawa longsor,“ kata Siara.

BPBD Sidrap dibantu TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dan masyarakat telah mengevakuasi warga yang rumahnya hanyut ke tempat saudara terdekat. Penyerahan bantuan logistik diberikan dari BPBD, Dinas Sosial, BAZ Sidrap dan Yayasan Tim Safari Sholat Tasbeh.

“Rencanaya besok BPBD akan ke lokasi dan akan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Malam ini saya rencananya menyelesaikan administrasinya dulu, “ ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com