Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kampung, SBY Berburu Mendoan Hingga Ketela Krispi

Kompas.com - 23/08/2017, 06:17 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KOMPAS.com - Edisi pulang kampung keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Jawa Timur rupanya juga dimanfaatkan untuk mengunjungi sejumlah tempat yang dianggap memorable bagi keluarga Presiden keenam Republik Indonesia ini.

Usai lawatannya di Magelang, keluarga SBY mampir di Kampoeng Kopi Banaran di Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (22/8/2017) siang.

Rombongan pertama yang datang adalah SBY, Ani Yudhoyono dan si bungsu Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Beberapa menit kemudian Agus Harimurti Yudhoyono datang menyusul usai menggelar "Dialog Rakyat Lintas Generasi" di Ambarawa.

Menurut Humas Kopi Banaran, Dicky Pramudito, tidak ada agenda atau pertemuan khusus selama SBY dan keluarganya menghabiskan waktu hampir satu jam di kawasan wisata agro milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX ini.

(Baca juga: Obrolan Warung Kupat Tahu Ala SBY)

"Beliau datang sekitar pukul 13.15 WIB sampai pukul 14.30 WIB," kata Dicky, Selasa malam.

Ternyata, Kampeng Kopi Banaran ini bukan tempat baru yang dikunjungi SBY. Dicky mencatat sudah ketiga kalinya SBY datang ke tempat yang dikelilingi kebun kopi seluas 40 hektar tersebut.

Kunjungan pertama dan kedua pada tahun 2010 sewaktu SBY masih menjadi presiden, yakni pada tanggal 3 November dan tanggal 7 November di tahun yang sama.

Namun dari ketiga kali kunjungannya ini, menurut Dicky selalu ada yang sama, yakni soal menu makanan. Selalu ada teh poci, ketela krispi, mendoan dan pisang goreng.

"Pokoknya itu andalan banget pak SBY dan ibu Ani. Bahkan ada cerita, waktu dulu pak SBY gak sempat mampir ke sini, snack ketela krispi, mendoan, dan pisang goreng itu dibawa sama ajudan ke Bandara," kata Dicky bangga.

(Baca juga: Pulang ke Pacitan, SBY Nonton Lomba Panjat Pinang dan Bagi Hadiah)

Dicky menambahkan, selama kedatangan SBY, pelayanan kepada pengunjung tetap normal. Meski masih mendapatkan fasilitas pengawalan dari Paspamres, tak menghalangi SBY berinteraksi dengan para pengunjung lainnya.

Bahkan SBY cukup santai melayani permintaan foto bersama dari para pengunjung.

"Beda sama waktu masih presiden, sekarang lebih humble. Tadi malah pak SBY yang menawari kami berfoto, mana teman-teman Banaran nih, ayo mumpung saya di sini," ucap Dicky menirukan ucapan SBY. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com