Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Gunungan Hasil Bumi, Wali Kota Magelang Daftar Cawagub Jateng

Kompas.com - 09/08/2017, 19:12 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito membawa gunungan hasil bumi ketika mendaftarkan diri menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2018 mendatang.

Sejumlah seniman juga datang menemaninya mendaftar di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Rabu (9/8/2017).

Dalam proses pendaftaran,Sigit juga ditemani sejumlah pendukungnya yang berpenampilan bak pasukan kerajaan.

"Kami serahkan berkas, ini sudah diisi lengkap. Di dalamnya juga ada pengalaman saya di birokrasi lama, 32 tahun, kepala daerah sudah dua periode," kata Sigit, seusai mendaftar.

Sigit mengaku tertarik ikut ajang Pilkada Jateng lantaran ingin lebih berkontribusi untuk rakyat Jateng. Dia ingin agar Jawa Tengah dapat setara, dan unggul dibanding provinsi tetangga. Menurut Sigit, saat ini Jateng tertinggal karena belum memaksimalkan potensi yang ada.

"Jateng layak jual, karena punya bandara, laut, potensi pertanian, hutan, SDA, saya ingin sejahterakan rakyat. Saya ingin Jateng yang lebih maju," ujarnya.

Baca juga: Diiringi Tokoh Lintas Agama, Bupati Kudus Daftar Jadi Cagub Jateng

Selain itu, dia juga bakal menggenjot perekonomian agar pengentasan kemiskinan bisa cepat tertangani. Menurut dia, warga miskin di Kabupaen dan Kota punya karakteristik yang berbeda. Oleh karena, program pengentasan kemiskinan tidak boleh dipukul rata.

"Angka kemiskinan di Jateng ini turun hanya 1 persen. Mestinya Harus dirumuskan, masyarakat butuh apa, jangan digebyah uyah. Skill tidak sama, maka kita lihat dan rumuskan," kata dia.

"Kalau gak ada pergerakan kemajuan maka ngapain (daftar), niat kita merumuskan, kemudian dianalisis SWOT," tambah dia.

Sigit bersaing dengan 16 tokoh lain yang mencoba bersaing mendapat rekomendasi dari PDIP untuk posisi Cawagub Jateng. 4 sisanya merebutkan kursi calon gubernur. PDI-P sendiri di Pilkada Jateng percaya diri karena dapat mengusung pasangannya sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Di DPRD Jateng, PDIP punya 31 kursi dan cukup untuk mengusung pasangan calon lain. 

Kompas TV Kali ini, mantan atlet tinju Indonesia Chris John mendatangi kantor DPD PDI-P Jawa Tengah di Kota Semarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com