Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Bangka Belitung Merusak Infrastruktur PLN

Kompas.com - 16/07/2017, 22:24 WIB
Heru Dahnur

Penulis


PANGKAL PINANG, KOMPAS.com -
Banjir di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, merusak infrastruktur jaringan listrik milik PLN. Petugas teknisi yang diturunkan ke lapangan, terkendala cuaca buruk dan akses transportasi yang belum sepenuhnya pulih.

General Manager PLN Bangka Belitung, Susana Mutia mengatakan, hasil verifikasi sementara untuk wilayah Belitung tercatat 10 buah feeder padam dan 556 unit trafo terendam air, sehingga aliran listrik ke 28.000 pelanggan harus dipadamkan.

Sementara untuk wilayah Bangka tercatat 38 trafo terendam banjir dan 2 buah feeder rusak akibat angin kencang dan banjir. Kondisi ini mengakibatkan terputusnya aliran listrik untuk 3.000 pelanggan di Bangka.

"Saat ini tim kami telah melakukan survei untuk melihat kondisi kerusakan yang terjadi akibat luapan air maupun angin yang kencang, perbaikan aliran listrik saat ini mulai kami lakukan secara bertahap, kami mohon maaf dan mohon bantuan masyarakat untuk bisa melaporkan kepada PLN terdekat jika melihat infrastruktur listrik yang terendam banjir," ujar Susiana, Minggu (16/7/2017).

(baca: Ribuan Rumah Terendam Banjir di Bangka Belitung, 2 Mobil Hanyut)

Dia menuturkan, sejumlah jalan yang terputus akibat banjir menyulitkan proses perbaikan jaringan listrik di Bangka Belitung.

Adapun PLN saat ini telah membangun pos siaga untuk membantu warga serta memantau perbaikan yang dilakukan petugas di lapangan. Posko yang terletak di PLN Area Belitung juga menyiapkan sejumlah bantuan makanan dan kebutuhan lainnya.

(baca: 5 Kecamatan di Belitung Timur Terendam Banjir)

Kompas TV Banjir Paksa Warga Memutar Jalan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com