Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan dan Jembatan Ambruk akibat Banjir di Belitung Timur

Kompas.com - 16/07/2017, 12:56 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan dilaporkan mengalami kerusakan parah akibat banjir di Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Genangan banjir masih bertahan, memaksa sebagian besar warga mengungsi ke rumah-rumah keluarga mereka yang dinilai aman.

"Jalan di Desa Lintang Kecamatan Simpang Renggiang lumpuh total. Belum ada kendaraan yang bisa melintas," katata Kepala Bagian Protokol Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, M Ali, Minggu (16/7/2017).

Terhambatnya akses transportasi juga disebabkan jembatan yang ambruk terseret arus banjir. Tiga jembatan yang sudah teridentifikasi terputus yakni jembatan Kampung Gunung, Jembatan Batu Penyok dan Jembatan Bantan.

(Baca: Jembatan Penghubung Antar Desa di Perbatasan Sebatik Ambrol)

Kerusakan jembatan mengakibatkan akses antar Kecamatan Dendang, Kecamatan Renggiang dan Kecamatan Membalong ikut terhambat. Selain jalan dan jembatan, tiang listrik di Desa Air Balok Nangka, Kecamatan Dendang roboh melintang di jalan.

Petugas di tengah guyuran hujan masih berusaha mengevakuasi serta memperbaiki jaringan yang terputus.

"Jalan tengah menuju Tanjung Pandan dari Manggar belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat," ujar M Ali.

Ketinggian air di pemukiman warga berkisar tiga puluh sampai delapan puluh sentimeter. Kondisi hujan membuat genangan banjir masih bertahan.

"Petugas telah bergerak di lapangan. Kami juga banyak menerima informasi dari warga. Mereka semua butuh bantuan," ucapnya.

Kompas TV Hujan mengakibatkan fondasi tanah tergerus sehingga banyak bangunan dan jalan ambruk.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com