Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memancing Seorang Diri, Pria Ini Tewas Tenggelam di Waduk Manggar

Kompas.com - 14/07/2017, 22:05 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Sarjito (55), pria setengah baya dari RT 52, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, tewas tenggelam saat sedang memancing di Waduk Manggar. Warga Karang Joang itu memancing seorang diri.

"Seorang saksi melihat korban memancing seorang diri. Perahu oleng, korban hilang,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto, Jumat (14/7/2017).

Baca juga: Bocah 10 Tahun Tenggelam Saat Berenang di Laut

Beberapa warga di sekitaran waduk menyaksikan bahwa Sarjito memang berperahu seorang diri di waduk sekitar pukul 16.00 Wita. Sekitar 30 menit kemudian, insiden ini terjadi.

“Tidak diketahui penyebab oleng,” kata Octavianto.

Basarnas pun diturunkan ke waduk. Sementara itu, banyak warga lain yang mencoba melakukan penyelamatan dengan nekat menyelam secara manual dan tanpa menggunakan alat apapun.

Dua penyelam Basarnas, Hamzah dan Imam Sumaji, diterjunkan mencari korban. Selama 15 menit penyelaman, kedua penyelam ini akhirnya mengangkat Sarjito dari dasar air.

Baca juga: Murid SD Asal Aceh Utara Ini Tenggelam di Aceh Timur

Octavianto menerangkan, korban berada sekitar lima meter dari jatuhnya ke air. Basarnas mengevakuasi korban langsung ke rumahnya di Jalan Giri Rejo, Km 15, Balikpapan.

Waduk Manggar merupakan bendungan yang terletak di Sungai Manggar. Waduk ini memiliki luas 500 hektar. Air waduk digunakan sebagai penyuplai air baku oleh Perusahaan Air Minum Negara (PDAM) Balikpapan untuk memenuhi air bersih bagi warga. Waduk ini berada di Km 12 Balikpapan.

Kompas TV 4 Korban Kapal Tenggelam Ditemukan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com